Peningkatan kemampuan motorik kasar melompat melalui permainan Engklek pada anak Kelpmpok A TK PGRI Srengat Kabupaten Blitar / Ofsi Nova Lindariana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan motorik kasar melompat melalui permainan Engklek pada anak Kelpmpok A TK PGRI Srengat Kabupaten Blitar / Ofsi Nova Lindariana

Lindariana, Ofsi Nova (2015) Peningkatan kemampuan motorik kasar melompat melalui permainan Engklek pada anak Kelpmpok A TK PGRI Srengat Kabupaten Blitar / Ofsi Nova Lindariana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lindariana Ofsi Nova. 2015. Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melompat Melalui Permainan Engklek pada Anak Kelompok A TK PGRI Srengat Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Lilik Bintartik M.Pd (2) Suwarti S.Pd. M.Pd Kata kunci motorik kasar melompat permainan engklek 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi di kelompok A TK PGRI Srengat Kabupaten Blitar pada perkembangan motorik kasar melompat anak mengalami kesulitan pada aspek keseimbangan ketepatan dan kelincahan. Penyebabnya (1) guru tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik (2) nuansa bermain bagi anak kurang optimal (3) aktivitas belajar masih menggunakan LKS yang membosankan bagi siswa. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan motorik kasar melompat khususnya pada aspek perkembangan keseimbangan ketepatan dan kelincahan anak rendah. Dari 15 siswa hanya 3 anak yang memperoleh nilai tuntas dengan persentase sebesar 20%. Cara yang dipilih untuk mengatasi masalah tersebut dengan penerapan permainan engklek. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan permainan engklek untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar melompat pada anak kelompok A TK PGRI Srengat dan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan motorik kasar melompat melalui permainan engklek pada anak kelompok A TK PGRI Srengat. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah anak kelompok A. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi catatan lapangan dan dokumentasi. Pada penelitian ini data dianalisis dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan engklek sudah baik. Guru dapat mengembangkan model pembelajaran yang lebih bervariatif aktif dan menyenangkan. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar anak nilai rata-rata pada pra tindakan 47 8. Setelah dilaksanakan siklus I nilai rata-rata meningkat 67 5 dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 85. Ketuntasan belajar anak meningkat dari siklus I pertemuan 2 53 3% pada siklus II pertemuan 2 meningkat 86 7% dari 15 anak 2 yang belum tuntas. 12288 12288 12288 12288 Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan permainan engklek di kelompok A TK PGRI Srengat dapat meningkatkan aktifitas anak dan kemampuan motorik kasar melompat pada anak. Oleh karena itu disarankan bagi guru menerapkan permainan engklek dalam pembelajaran agar perkembangan motorik kasar anak dapat berkembang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8218

Actions (login required)

View Item View Item