Peningkatan kemampuan kognitif melalui permaian Roda Putar pada anak Kelompok A di TK PKK 01 Sentul Kota Blitar / Nurul Chotimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan kognitif melalui permaian Roda Putar pada anak Kelompok A di TK PKK 01 Sentul Kota Blitar / Nurul Chotimah

Chotimah, Nurul (2015) Peningkatan kemampuan kognitif melalui permaian Roda Putar pada anak Kelompok A di TK PKK 01 Sentul Kota Blitar / Nurul Chotimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Chotimah Nurul. 2015. Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Roda Putar Pada Anak Kelompok A di TK PKK 01 Sentul Kota Blitar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Hadi Mustofa M.Pd (2) Retno Tri Wulandari S.Pd. M.Pd. Kata Kunci kemampuan kognitif permainan roda putar. 12288 12288 12288 12288 12288 Pada observasi yang dilakukan di TK PKK 01 Sentul Kota Blitar menemukan bahwa kemampuan kognitif anak belum berkembang secara optimal. Penyebab dari kemampuan kognitif yang kurang optimal yaitu (1) media yang digunakan selama pembelajaran kurang menarik (2) guru lebih sering menggunakan metode ceramah (3) anak lebih mudah merasa bosan. Berdasarkan hasil observasi ditemukan bahwa dari 21 anak terdapat 13 atau (61 9%) anak mengalamai kesulitan dalam kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10. Hanya 8 anak (38 1 %) yang mampu mengenal konsep bilangan 1-10. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan penerapan permainan Roda Putar untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A di TK PKK 01 Sentul Kota Blitar (2) mendiskripsikan peningkatan permainan Roda Putar kemampuan kognitif anak kelompok A di TK PKK 01 Sentul Kota Blitar. 12288 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian yang digunakan pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada PTK ini menggunakan dua kali siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan (observasi) dan refleksi. Subjek penelitian yaitu anak kelompok A usia 4-5 tahun di TK PKK 01 Sentul Blitar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan permainan roda kegiatan pembelajaran menjadi lebih maksimal sebab anak menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran yang akan menjadikan anak lebh mudah membilang konsep bilangan 1-10. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan kemampuan kognitif dalam membilang konsep bilangan 1-10 dari pra tindakan sebesar 38 1% pada siklus I menjadi 49 9% dan pada siklus II meningkat menjadi 85 6%. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan permainan roda putar dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada kelompok A di TK PKK Sentul 01 Kota Blitar. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian sebagai berikut (1) bagi sekolah diharapkan pihak sekolah mampu memberikan rangsangan dengan menerapkan permainan roda putar dan permianan lainnya yang menyenangkan dalam kegiatan pembelajaran (2) bagi guru hendaknya guru mencoba permainan roda putar dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan 1-10.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8217

Actions (login required)

View Item View Item