Hubungan pola asuh orangtua dengan perkembangan sosial anak Kelompok B di TK PKK Bandulan Malang / Kholis Shotul Avivah - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan pola asuh orangtua dengan perkembangan sosial anak Kelompok B di TK PKK Bandulan Malang / Kholis Shotul Avivah

Avivah, Kholis Shotul (2015) Hubungan pola asuh orangtua dengan perkembangan sosial anak Kelompok B di TK PKK Bandulan Malang / Kholis Shotul Avivah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Avivah Kholis S. 2015. Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Perkembangan Sosial Anak Kelompok B di TK PKK Bandulan Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Kentar Budhojo M. Pd (II) Wuri Astuti S. Pd. Kata kunci Perkembangan Sosial Anak Pola Asuh Orangtua Anak TK 12288 12288 12288 12288 Pola asuh yang digunakan orangtua dapat mempengaruhi perkembangan sosial anak terutama saat bersosialisasi dengan lingkungan masyarakat maupun sekolah. Pada kelompok B terdapat 10 anak yang kurang dapat bersosialisasi dengan temannya. Anak lebih nyaman beraktivitas sendiri cenderung pendiam dan kurang percaya diri jika berada pada lingkungan sosial. Hal tersebut diduga karena kurangnya perhatian orangtua dalam membimbing perkembangan sosial anak. Oleh karena itu perlu diketahui seberapa besar hubungan pola asuh orangtua dengan perkembangan sosial anak. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan untuk menjawab rumusan masalah yaitu (1) bagaimana pola asuh orangtua di TK PKK Bandulan Malang (2) bagaimana perkembangan sosial anak di TK PKK Bandulan Malang (3) apakah ada hubungan antara pola asuh orangtua dengan perkembangan sosial anak di TK PKK Bandulan Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket/kuisioner. Sampel penelitian ini adalah sampel total (82). Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis persamaan Regresi. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa 64 63% orangtua anak TK PKK Bandulan Malang menerapkan pola asuh yang sangat mendorong perkembangan sosial anak. Perkembangan sosial anak TK PKK Bandulan Malang 43 9% memiliki perkembangan sosial dengan tingkatan baik. Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara pola asuh orangtua dengan perkembangan sosial anak di TK PKK Bandulan Malang. Pola asuh orangtua dengan prosentase 34% telah mempengaruhi perkembangan sosial anak dan 66% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain selain pola asuh orangtua seperti lingkungan sekitar anak dan faktor umum lainnya meliputi kesehatan anak dan jenis kelamin anak. 12288 12288 12288 12288 Saran-saran yang dapat disampaikan hendaknya dalam mendidik anak orangtua lebih memperhatikan semua aspek perkembangan anak terutama perkembangan sosial anak. Selain itu hendaknya orangtua juga membiasakan dan menanamkan sikap sosial pada anak sedini mungkin karena hal ini dapat membantu anak dalam mengembangkan sikap sosial anak. Apabila terdapat peneliti yang ingin meneliti masalah yang sama hendaknya penelitian ini ditindaklanjuti dengan mengubah faktor yang mempengaruhinya seperti lingkungan sekitar anak dan faktor umum yang meliputi kesehatan anak dan jenis kelamin anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8216

Actions (login required)

View Item View Item