Pengembangan permainan Sirkuit Happy Circle pada pembalajaran fisik motorik anak / Chanifah Chomsah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan Sirkuit Happy Circle pada pembalajaran fisik motorik anak / Chanifah Chomsah

Chomsah, Chanifah (2015) Pengembangan permainan Sirkuit Happy Circle pada pembalajaran fisik motorik anak / Chanifah Chomsah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Chomsah Chanifah. 2011. Pengembangan Permainan Sirkuit Happy Circle pada Pembelajaran Fisik Motorik Anak. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Heru Widijoto M.S (2)Pramono S.Pd M.Or. Kata kunci Pengembangan Permainan Sirkuit Happy Circle Pembelajaran Fisik Motorik. Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang sangat mendasar. Oleh karena itu pendidik anak usia dini diharapkan dapat memilih metode pembelajaran yang mempunyai pengaruh cukup besar dalam kegiatan belajar mengajar yaitu dapat melalui permainan edukatif dan tanpa disadari anak-anak telah belajar banyak hal dengan cara bermain. Berdasarkan hasil pengamatan di TK An-Nur Sawojajar Malang guru menyatakan dalam kegiatan pembelajaran belum pernah menerapkan kegiatan pembelajaran yang didesain melalui permainan sirkuit dan membutuhkan bentuk permainan baru dalam kegiatan pembelajaran. Permainan Sirkuit Happy Circle merupakan suatu permainan dimana dalam kegiatannya bertujuan untuk mengembangkan aspek fisik motorik anak serta didesain berkelanjutan dari aktivitas satu ke aktivitas yang lain dengan menggunakan alat-alat permainan yang aman dan menarik bagi anak. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan permainan sirkuit Happy Circle yang diharapkan untuk mengembangkan pembelajaran fisik motorik kasar melalui permainan happy circle yang diharapkan mudah dilakukan menyenangkan dan tidak membahayakan bagi anak sehingga membuat anak lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran fisik motorik kasar di TK An-Nur Sawojajar Malang. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Borg dan Gall. Prosedur pengembangan Permainan Sirkuit Happy Circle yaitu 1) Melakukan penelitian dan pengumpulan informasi 2) Melakukan perencanaan selanjutnya dievaluasi oleh para ahli 3) Mengembangkan bentuk produk awal 4) Melakukan uji coba kelompok kecil dengan 10 subjek 5) Melakukan revisi terhadap produk awal 6) Melakukan uji lapangan dengan 30 subjek 7) Melakukan revisi produk. Berdasarkan hasil analisis data uji lapangan kelompok besar diperoleh persentase yaitu (1) 94 15 % anak mudah melakukan permainan (2) 100 % anak senang melakukan permainan (3) 92 9 % aman untuk anak melakukan permainan. Disarankan hasil pengembangan ini dapat diujicobakan dan disosialisasikan di sekolah lain sesuai dengan materi pembelajaran yang disajikan serta dapat diterapkan di kelas lebih tinggi dengan tingkat kesulitan yang lebih. Selain hal tersebut karena penelitian ini hanya terbatas pengembangan produk diharapkan ada penelitian selanjutnya untuk mengkaji efektifitas produk permainan sirkuit Happy Circle.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8215

Actions (login required)

View Item View Item