Penggunaan media Pop Up Story untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia 3-4 tahun di PAUD As Sholihin Wonorejo Kabupaten Blitar / Surya Pandini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media Pop Up Story untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia 3-4 tahun di PAUD As Sholihin Wonorejo Kabupaten Blitar / Surya Pandini

Padini, Surya (2015) Penggunaan media Pop Up Story untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia 3-4 tahun di PAUD As Sholihin Wonorejo Kabupaten Blitar / Surya Pandini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pandini Surya. 2015. Penggunaan Media Pop Up Story untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun di Paud As Sholihiin Wonorejo Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah dan Pra Sekolah Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Ahmad Samawi M. Hum (II) Drs. H. Hadi Mustofa M.Pd. Kata Kunci anak usia 3-4 tahun kemampuan bahasa media Pop Up Story Pop up merupakan visualisasi sebuah benda berbentuk 3 dimensi yang dapat bergerak dibuat dari lipatan atau gulungan kertas. Latar belakang dilaksanakan penelitian ini adalah rendahnya kemapuan bahasa anak . Dari hasil observasi pada anak kelompok bermain usia 3-4 tahun PAUD As Sholihiin Wonorejo Srengat Kabupaten Blitar khususnya dalam mencakup indikator dapat menceritakan kembali cerita yang di dengarnya secara sederhana ada 69 23% dari 26 anak belum dapat mencapai indikator tersebut dan ada 76 92% dari 26 anak belum dapat atau mulai bertanya atau berkomentar tentang cerita yang didengarnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan cara penggunaan media Pop Up Story untuk mengembangkan kemampuan bahasa pada anak usia 3-4 tahun di PAUD As Sholihiin Wonorejo dan tingkat pencapaian perkembangan bahasa anak usia 3-4 tahun PAUD Wonorejo melalui penggunaan media Pop Up Story. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dilakukan sebanyak dua siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 4 tahap meliputi perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi.Subjek penelitian yaitu anak kelompok bermain green class PAUD As Sholihiin Wonorejo Kabupaten Blitar sejumlah 26 anak terdiri 16 perempuan dan 10 laki-laki. Tekhnik yang pengumpulan data yang digunakan yakni observasi dokumentasi dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktifitas guru dan anak serta lembar observasi kemampuan anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pop Up Story dapat digunakan untuk menstimulasi perkembangan bahasa anak. Penggunaan Pop Up Sory dilakukan dengan guru menceritakan Pop Up anak mengambil kartu tokoh untuk memberikan komentar atau pendapat atau bertanya seputar tokoh yang diambil dan tokoh utama selanjutnya menceritakan kembali dengan kata-kata sederhana oleh anak 2) pada tahap pra tindakan diketahui skor rata-rata kemampuan bahasa anak sebesar 28% dan pada siklus I kemampuan bahasa anak meningkat menjadi 48 5% kemudian mengalami peningkatan sebesar 33 5% dengan skor rata-rata pada siklus II menjadi 82%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa 1) penggunaan media Pop Up Story dapat digunakan dengan mudah serta menarik bagi anak dalam menstimulasi perkembangan bahasa anak dan menunjang kegiatan pembelajaran 2) penggunaan media Pop Up Story dapat meningkatkan tingkat capaian perkembangan bahasa anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8214

Actions (login required)

View Item View Item