Pengembangan aktivitas belajar fisik motorik halus menggunakan bahan bokasam anak kelompok B di Raudhatul Athfal / Ramadhani Priyasaloka - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan aktivitas belajar fisik motorik halus menggunakan bahan bokasam anak kelompok B di Raudhatul Athfal / Ramadhani Priyasaloka

Priyasaloka, Ramadhani (2015) Pengembangan aktivitas belajar fisik motorik halus menggunakan bahan bokasam anak kelompok B di Raudhatul Athfal / Ramadhani Priyasaloka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Priyasaloka Ramadhani. 2015. Pengembangan Aktivitas Belajar Fisik Motorik Halus Menggunakan Bahan Bokasam Anak Kelompok B di Raudhatul Athfal. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Pra Sekolah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Heru Widijoto M.S. (2) Muh. Arafik S.Pd. M.Pd. Kata kunci pengembangan aktivitas belajar bahan bokasam fisik motorik Bokasam merupakan singkatan dari botol bekas air mineral. Bahan bokasam digunakan untuk aktivitas belajar fisik motorik halus yang nantinya akan menghasilkan Alat Permainan Edukatif (APE) yang berupa pesawat terbang. Dengan aktivitas yang terdiri dari kegiatan mewarnai menggunakan cat kayu menggunting dan menempel. Berdasarkan observasi dan wawancara diperoleh temuan bahwa belum pernah ada kegiatan pembelajaran yang memanfaakan bahan bekas. Berkaitan dengan itu maka perlu diupayakan kegiatan pembelajaran menggunakan bahan bokasam. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini dalah mengembangkan aktivitas belajar fisik motorik halus menggunakan bahan bokasam yang diharapkan menyenangkan mudah dan tidak membahayakan untuk dilakukan oleh anak serta sebagai salah satu alternatif pembelajaran fisik motorik halus. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan melalui prosedur 1) Melakukan penelitian dan pengumpulan informasi 2) Melakukan perencanaan selanjutnya dievaluasi oleh para ahli 3) Mengembangkan produk awal 4) Uji coba kelompok kecil dengan 6 subjek 5) Revisi terhadap produk awal 6) Uji coba lapangan dengan 33subjek 7) Revisi produk. Istrumen yang digunakan berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase yang ditujukan kepada satu ahli pembelajaran anak usia dini satu ahli fisik motorik halus satu ahli alat permainan edukatif. Hasil pengembangan pada analisis data kuantitatif diperoleh persentase sebesar 89 5% dari ahli pembelajaran anak usia dini 79% dari ahli fisik motorik halus dan 81 25% dari ahli alat permainan edukatif dengan hasil keseluruhan 83 25% sehingga masuk kategori layak digunakan. Berdasarkan hasil uji kelompok kecil diperoleh persentase yaitu 1) 91 66% anak sangat mudah melakukan aktivitas 2) 100% anak sangat senang melakukan aktivitas 3) 91 66% anak sangat aman melakukan aktivitas. Sedangkan uji kelompok besar diperoleh persentase yaitu 1) 95 35% anak sangat mudah melakukan aktivitas 2) 100% anak sangat senang melakukan aktivitas 3) 98 48% anak sangat aman melakukan aktivitas. Berdasarkan hasil analisis pengembangan aktivitas belajar fisik motorik halus menggunakan bahan bokasam disimpulkan bahwa bahan yang digunakan mudah menyenangkan dan tidak berbahaya untuk dilakukan anak. Disarankan hasil pengembangan produk yang ditujukan untuk anak kelompok B di Raudhatul Athfal disajikan pada semua anak serta digunakan di sekolah lain sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya sesuai materi pembelajaran fisik motorik halus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8213

Actions (login required)

View Item View Item