Pemanfaatan media kartu angka untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada anak Kelopok A di TK Negeri Pembina 2 Tuban / Ritmaratrie Sekar Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media kartu angka untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada anak Kelopok A di TK Negeri Pembina 2 Tuban / Ritmaratrie Sekar Sari

Sari, Ritmaratrie Sekar (2015) Pemanfaatan media kartu angka untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada anak Kelopok A di TK Negeri Pembina 2 Tuban / Ritmaratrie Sekar Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Ritmaratrie Sekar.2015. Pemanfaatan Media Kartu Angka Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Anak Kelompok A Di TK Negeri Pembina 2 Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) I Made Seken M.Pd. (2)Drs Tumardi S.Pd M.Pd. Kata kunci Media kartu angka konsep bilangan anak kelompok A Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti menyimpulkan bahwa pemahaman konsep bilangan anak masih kurang disebabkan beberapa faktor (1) cara yang diberikan guru kurang bervariatif (2) anak hanya diminta menulis angka pada lembar kerja (3) guru jarang menggunakan media pada saat pembelajaran. Seharusnya guru lebih sering menggunakan media yang dibuat permainan agar anak memahami konsep bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pemanfaatan media kartu angka untuk meningkatkan konsep bilangan 1 sampai 10 pada kelompok A di TK Negeri Pembina 2 Malang (2) mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep bilangan 1 sampai 10 dengan menggunakan media kartu angka pada kelompok A di TK Negeri Pembina 2 Malang. Penelitian ini dirancang menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh anak kelompok A2 di TK Negeri Pembina 2 Malang. Tahap dalam penelitian ini (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan tindakan (3) Observasi (4) Refleksi. Instrumen dalam penelitian ini berupa (1) Pedoman informasi (2) Hasil unjuk kerja (3) Lembar penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan memasangkan kartu angka dan kartu himpunan benda dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan anak di TK Negeri Pembina 2 Malang. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menjelaskan bahwa pada pra tindakan sebesar 22 77% pada siklus I pertemuan pertama meningkat menjadi 36 34% dan pertemuan kedua menjadi 59%. Serta mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan pertama yaitu sebesar 77 23% dan pertemuan kedua sebesar 86 34%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep bilangan anak dapat meningkat melalui media kartu angka. Dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8211

Actions (login required)

View Item View Item