Pemanfaatan media kubus bergambar untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini Kelompok B TK PGRI 01 Bululawang / Amila Rahayu Mardikaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media kubus bergambar untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini Kelompok B TK PGRI 01 Bululawang / Amila Rahayu Mardikaningsih

Mardikaningsih, Amila Rahayu (2015) Pemanfaatan media kubus bergambar untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini Kelompok B TK PGRI 01 Bululawang / Amila Rahayu Mardikaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK NTingsih Amila R M. 2015. Femcznfcicitctrz Meclicr Kubms 13es-grambar- Lhitztk Menizigk-cztk-ctrz Kerncimpucui 1Cognitif Anczk- (1sicz Dini Kelw-n_pak- B TK F GR I 01 Bulitlawcmg- Malcmg-. Skripsi. Jurusarx Keperididikan Sekolalx 1 Pasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan l_iniversitas I Tegeri Malang_ Perribimbing (I) 12ors_ I Wayan. Sutama 1 11_ Pd (II) E 9632 ra_ Wiwik Dwi Fiastuti S. Pd. M. Pd. Kata Kunci Kubus Bergambar Kemamptian Kognitif TK Kemamptian kognitif anak kelompok B TK PGRI 0 1 13ululavvang Kabupaten Malang masih rendah.. 13ari 17 anak 9 anak diantaranya mentinjukkan kemarripttan kognitif masih belum maksimal. Media dan sumber belajar yang digunakan masih kurang meriarik bagi anak hal ini tampak pada media yang digtmakan pada saat pernbelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) bagairnanakah periggurman media kubus bergambar dalarxx meningkatkarx kernarnpuari kognitif anak kelompok 13 TIK PGRI 01 l-turibangsari Keeamatan 13ultilavvang Kabupaten Malang 2) apakah periggunaan media kubus bergarnbar dapat meningkatkan kernampuan kognitif anak kelornpok 13 TIK PGRI 01 13u.lulavvang Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan raneangan penelitian tindakan kelas (P TK) dan dirancan.g dalarn 2 siklus_ Tiap siklus meliputi perenearman pelaksanaan observasi dan refleksi_ Subyek peneliti yaitu kelompok B TIK PGRI 01 Eurnbangsari Keeamatan 13ululawang Kabupaten Malang sebanyak 17 anak. In.strumen pen.elitian yang digunakan adalah lembar observa.si dan pedoman. wawaneara. Analisis data permlitian yang dipakai adalah deskriptif kuantitatif mauptm kualitatif Hasil penelitian merrunjukkan periggunaan media kubus bergarnbar dapat meningkatkan kernamptian kognitif anak kelompok B TK. PerRIO1 13ululawang Kabupaten Malang dengan hasil penelitiari siklus I persentase kemarnpuan kognitif anak kelompok 13 derigan meriggunakan media kubus bergambar sebesar 58 82 ( Vo. Pada siklus II kemampuan kognitif anak kelonapok B den.gan menggunakan media ku.bus bergarnbar sebesar 82 35 43. R_ata-rata kernamputan kognitif anak kelompok B TK PGRI 01 13ululawang Kabupaten Malang merigalarni penin.gkatan. sebesar 23 53 c%). E isirripulkan bahwa pen.gg-unaan media kubu.s bergarnbar dapat meningkatkarx kernampuan kognitif anak kelompok B TIK PGRI 01 Lumbangsari Keeamatari 13ululawang Kabupaten Malang. Adapun saran yang dikemukakan perieliti adalah (1) bagi guru perielitian ini mampu menjadi inspirasi dalam rarigka meningkatkan mutu. perribelajaran.. (2) bagi sekolah penelitian ini dapat menjadi panduan dalam rarigka meningkatkan rrmtu pernbelajaran. (3) bagi lernbaga semoga dapat menyediakan media pembelajaran yang lebih inovatif. (4) bagi peneliti lain. peneliti selaujutnya bisa lebih mengernbangkan kernampuan kognitif anak m.elalui media pembelajaran yartg lebih kreatif lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8209

Actions (login required)

View Item View Item