Lestyorini, Nia (2015) Pengembangan media maze bermagnit dalam pembelajaran kognitif pada anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak / Nia Lestyorini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lestyosari Nia. 2015. Pengembangan Media Maze Bermagnit Dalam Pembelajaran Kognitif Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Kentar Budhojo M. Pd (2) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd M. Pd Kata kunci Pengembangan media maze bermagnit pembelajaran kognitif. Media maze bermagnit merupakan media dalam pembelajaran kognitif anak kelompok B di Taman kanak-kanak. Berdasarkan hasil observasi di TK KARTIKA IV-79 Malang pada saat pembelajaran kognitif media yang digunakan saat pembelajaran lebih sering menggunakan lembar kerja siswa dan media yang monoton seperti balok sederhana sehingga dalam proses pembelajaran menjadi kurang kondusif. Media maze bermagnit merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran kognitif materi yang terdapat dalam media maze bermagnit yaitu pengenalan bentuk-bentuk geometri dan warna mengurutkan gambar benda dari yang terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya dan menyebut urutan lambang bilangan 1-20. Dengan adanya media maze bermagnit ini diharapkan agar pembelajaran menjadi lebih efektif efisien dan menarik bagi anak.Tujuan penelitian dan pengembangan adalah untuk menghasilkan media pembelajaran maze bermagnit yang digunakan dalam pembelajaran kognitif pada anak kelompok B di Taman kanak-kanak. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Borg and Goll. Prosedur dalam merancang media maze bermagnit dalam pembelajaran kognitif adalah (1) Melakukan penelitian dan pengumpulan informasi (2) Melakukan perencanaan pengembangan media maze bermagnit (3) Mengembangkan bentuk produk awal media maze bermagnit dan dievaluasi oleh ahli (4) Melakukan uji coba kelompok kecil dengan 6 subjek (5) Merevisi media maze bermagnit dari hasil uji coba kelompok kecil (6) Melakukan uji lapangan (kelompok besar)terhadap 30 anak (7) Melakukan revisi produk. Instrumen yang digunakan adalah berupa kuisioner berisi tentang rancangan produk dan produk yang telah dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah produk media maze bermagnit dalam pembelajaran kognitif pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak dengan indikator yaitu pengenalan bentuk geometri dan warna mengurutkan benda dari yang terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya dan menyebut urutan lambang bilangan 1-20. Hasil pengembangan media maze bermagnit adalah (1) pada gambar maze yang ke 1 yaitu memasangkan bentuk-bentuk geometri yang sesuai dengan warnanya dengan menggunakan pin dan magnit (2) pada gambar maze yang ke 2 yaitu mengurutkan gambar kendaraan mulai dari yang terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya dengan meletakkan pin angka 1-5 pada gambar-gambar tersebut dan (3) pada gambar maze yang ke 3 yaitu menyebut urutan lambang bilangan 1-20 dengan menjalankan pion petani dan magnit sebagai penggeraknya. Kriteria keberhasilan pengembangan media maze bermagnit yaitu (1) 95% pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif (2) 100% anak tertarik pada media maze bermagnit. Diperoleh hasil persentase keseluruhanyaitu 97 5% dengan demikian hasil kategori persentase yaitu antara 80%-100% dikategorikan sangat valid dan dapat digunakan. Kesimpulan penelitian dan pengembangan produk media maze nermagnit dalam pembelajaran kognitif masuk dalam kategori valid atau dapat digunakan sebagai produk pembelajaran kognitif. Berdasarkan hasil pengembangan disarankan agar media maze bermagnit ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media dalam proses pembelajaran kognitif oleh guru dan dapat digunakan sebagai referensi pengembangan media yang sama ataupun materi yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/8208 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |