Pengembangan media buku cerita flanel zig-zag dalam pembelajaran berbahasa anak Kelompok B RA Al-Islam 1 Turirejo Kewcamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Rosyidatul Aminah

Aminah, Rosyidatul (2015) Pengembangan media buku cerita flanel zig-zag dalam pembelajaran berbahasa anak Kelompok B RA Al-Islam 1 Turirejo Kewcamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Rosyidatul Aminah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aminah, Rosyidatul. 2015. Pengembangan Media Buku Cerita Flanel Zig-Zag Dalam Pembelajaran Berbahasa Anak Kelompok B RA Al-Islam 1. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Drs. Addul Huda, M.Pd., (2) Pramono S.Pd M.or. Kata kunci: Media Buku Cerita Flanel Zig-Zag, Pembelajaran Berbahasa Berdasarkan pengamatan pada bulan januari-februari diperoleh temuan, yaitu pada pembelajaran pengembangan berbahasa terutama tentang bercerita, anak-anak belum mampu bercerita menggunakan gambar yang dibuat sendiri atau disediakan oleh guru. Hasil pembelajaran anak sekedar Tanya jawab tentang gambar yang disediakan namun belum mampu belum mampu bercerita secara sederhana. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran bercerita yang diharapkan menarik, menyenangkan, dan aman bagi anak, untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak khususnya dalam pembelajaran bercerita anak kelompok B di RA Al-Islam I. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan melalui prosedur: 1) Melakukan penelitian dan pengumpulan data informasi, 2) Melakukan perencanaan berupa penyusunan rancangan produk kegiatan pembelajara bercerita flanel zig-zag, 3) Mengembangkan bentuk produk awal, 4) Melakukan uji coba kelompok kecil, 5) Melakukan revisi terhadap produk awal, 6) Melakukan uji lapangan utama, 7) Melakukan revisi produk. Instrumen berupa angket, teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif berupa persentase yang ditujukan kepada satu ahli materi pembelajaran dan bahasa anak, dan satu ahli media pembelajaran. Hasil pengembangan diperoleh persentase sebesar 97% dari ahli materi pembelajaran dan bahasa anak usia dini, 84% dari ahli media pembelajaran, dengan hasil keseluruhan sebesar 91% sehingga masuk kategori sangat valid. Berdasarkan hasil uji lapangan diperoleh persentase sebesar 96,7% anak tertarik dengan media, 96% anak senang, dan 96,7% anak mudah dalam menggunakan media cerita flanel zig-zag. Kesimpulan dari pengembangan media buku cerita flanel zig-zag bahwa media yang digunakan mudah, menarik, dan menyenangkan untuk dilakukan anak. Disarankan hasil pengembangan produk yang ditujukan untuk anak kelompok B RA Al-Islam I dapat disajikan pada semua anak di RA Al-Islam I, serta bisa digunakan di sekolah lain, sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya sesuai materi pembelajaran bercerita

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8207

Actions (login required)

View Item View Item