Peningkatan kemampuan motorik halus melalui permainan Percik warna pada Kelompok B di Tk Al Hidayah Wonorejo 01 Kabupaten Blitar / Happy Eka Fajriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan motorik halus melalui permainan Percik warna pada Kelompok B di Tk Al Hidayah Wonorejo 01 Kabupaten Blitar / Happy Eka Fajriyah

Fajriyah, Happy Eka (2015) Peningkatan kemampuan motorik halus melalui permainan Percik warna pada Kelompok B di Tk Al Hidayah Wonorejo 01 Kabupaten Blitar / Happy Eka Fajriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fajriyah Happy Eka. 2015. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Permainan Percik Warna Pada Kelompok B di TK AL-Hidayah Wonorejo 01 Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Kependidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Alif Mudiono M.Pd (II) Wuri Astuti S.Pd Kata Kunci kemampuan motorik halus permainan percik warna anak kelompok B Pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Hidayah Wonorejo 01 Kabupaten Blitar kurang optimal. Hanya 25% anak yang kemampuannya berkembang sesuai harapan. Ditemukan beberapa masalah yang menjadi penyebabnya yaitu pembelajaran suasana bermainnya sangat kurang sehingga anak bosan dan merasa dipaksa dalam menerima pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan penerapan Permainan Percik Warna untuk meningkatkan kemampuan motorik halus Kelompok B di TK Al-Hidayah Wonorejo 01 Kabupaten Blitar (2) mendeskripsikan penerapan Permainan Percik Warna dapat meningkatkan kemampuan motorik halus Kelompok B di TK Al-Hidayah Wonorejo 01 Kabupaten Blitar. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus tiap siklus terdiri dari (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah anak-anak kelompok B di TK Al-Hidayah Wonorejo 01 Kabupaten Blitar 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi lembar unjuk kerja dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian tindakan kelas ini dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui Permainan Percik Warna kemampuan motorik halus anak kelompok B dapat meningkat hal ini dibuktikan dengan pada pratindakan kemampuan motorik halus anak sebesar 25% dengan kriteria sangat kurang pada siklus I sebesar 42 5% dengan kriteria kurang dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi sebesar 87 5% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan penerapan Permainan Percik Warna dapat meningkatkan kemampuan motorik halus kelompok B TK Al-Hidayah Wonorejo 01 Kabupaten Blitar. Saran yang dikemukakan yaitu diharapkan sekolah lebih memvariasikan kegiatan pembelajaran tidak hanya dengan buku kegiatan anak dan menyediakan peralatan kegiatan permainan yang menyenangkan bagi anak dan hendaknya guru menentukan pola kegiatan yang lebih sederhana dan lebih besar dan kegiatannya dilakukan secara berkelompok selain itu guru dapat membuat baju pelindung dari plastik agar baju anak tidak kotor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8206

Actions (login required)

View Item View Item