Peningkatan motorik halus dengan teknik kolase kertas pada anak kelompok A di TK Al-Hidayah Kaweron 02 Kabupaten Blitar / Dyah Arma Wilujeng - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan motorik halus dengan teknik kolase kertas pada anak kelompok A di TK Al-Hidayah Kaweron 02 Kabupaten Blitar / Dyah Arma Wilujeng

Wilujeng, Dyah Arma (2015) Peningkatan motorik halus dengan teknik kolase kertas pada anak kelompok A di TK Al-Hidayah Kaweron 02 Kabupaten Blitar / Dyah Arma Wilujeng. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wilujeng Dyah Arma. 2015. Peningkatan Motorik Halus Dengan Teknik Kolase Kertas Pada Anak Kelompok A Di TK Al-Hidayah Kaweron 02 Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan KSDP Program Studi S1 PG PAUD FIP Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Ahmad Samawi H.Hum (II) Prof. Dr. H.M. Zainuddin M.Pd. Kata Kunci motorik halus teknik kolase Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di TK Al-Hidayah Kaweron 02 Kabupaten Blitar dari 16 anak terdapat 13 anak (81%) yang belum mampu melaksanakan kegiatan merobek meremas menggunting dan menempel dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) penerapan teknik kolase dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A (2) peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui teknik kolase ini pada anak kelompok A TK Al-Hidayah Kaweron 02 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis PTK pendekatan kualitatif. Sebjek penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Al-Hidayah Kaweron 02 Kabupaten Blitar yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi serta catatan lapangan selama melakukan penelitian. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Dan di analisis dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik kolase untuk meningkatan kemampuan motorik halus anak sangat baik peningkatan nilai rata-rata pada pra tindakan 37 6%. Setelah dilaksakan siklus I nilai rata-rata meningkat 46 9% dan siklus II nilai rata-rata mengalami peningkatan menjadi 84 4% 1 anak yang belum mencapai tingkat pencapaian perkembangan karena anak memang kurang tertarik dengan pembelajaran ini dari awal hingga siklus II pertemuan pertama pada pertemuan kedua anak tertarik karena guru menyuguhkan bahan unik dan berkesan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan teknik kolase kertas pada anak dapat meningkatkan kemampuan motorik halus yang berguna bagi kemampuan anak dalam memegang pensil dan aktivitas lainnya yang berhubungan dengan koordinasi mata dan tangan. Saran yang diberikan diharapkan guru dan sekolah memberi kebebasan anak dalam berekspresi dalam kegiatan seni guna membangun kemampuan motorik halus dan kreativitas memanfaatkan bahan-bahan di sekitar lingkungan anak untuk menjadi bahan belajara yang menarik dan unik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8202

Actions (login required)

View Item View Item