Profil guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran di kelompok A TK Angkasa VII Pringgodani Singosari Malang / Unun Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran di kelompok A TK Angkasa VII Pringgodani Singosari Malang / Unun Amalia

Amalia, Unun (2015) Profil guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran di kelompok A TK Angkasa VII Pringgodani Singosari Malang / Unun Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Amalia Unun. 2015. Profil Guru dalam Melakukan Evaluasi Pembelajaran di Kelompok A TK Angkasa VII Pringgodani Singosari Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Ahmad Samawi M.Hum (II) Muh. Arafik S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Evaluasi Pembelajaran Kelompok A TK Angkasa VII Evaluasi pembelajaran tidak dapat dipisahkan dengan komponen pembelajaran yang lain. Salah satu faktor yang penting untuk mencapai tujuan pendidikan TK adalah proses stimulasi atau pembelajaran yang dilakukan sedangkan salah satu faktor penting untuk efektivitasnya adalah faktor evaluasi. Hasil observasi ketika KKN dan ikut belajar mengajar di TK peneliti menemukan bahwa kurang optimalnya evaluasi pembelajaran. Berkaitan dengan hal itu maka diperlukan penelitian mengenai evaluasi pembelajaran tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan keadaan kinerja guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran alat evaluasi yang digunakan oleh guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran serta faktor yang memengaruhi evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian yang berupa paparan pelaksanaan evaluasi pembelajaran di Kelompok A TK Angkasa VII. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yakni peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap penelaahan data tahap identifikasi dan klasifikasi data dan tahap evaluasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama kinerja guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran cukup baik tetapi kurang lengkap dalam instrumen penilaian yang dimiliki. Kedua alat yang digunakan sesuai penugasan dan indikator yang digunakan tetapi kurang digunakan secara optimal pada alat nontes. Ketiga faktor-faktor yang memengaruhi evaluasi pembelajaran. Faktor internal yang menghambat evaluasi pembelajaran adalah kurangnya waktu dan dilanda rasa malas tetapi hal ini menurut para guru tidak menjadi masalah yang berarti karena evaluasi pembelajaran selesai ketika diminta atau ketika pengawas berkunjung meski belum tepat waktunya dalam pembuatan dan penyelesaian. Faktor eksternal dari peran orang tua yang aktif sarana dan prasarana yang cukup lingkungan fisik kerja yang asri serta kehadiran pengawas merupakan faktor pendukung untuk pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulah bahwa guru Kelompok A telah melakukan evaluasi pembelajaran cukup baik tetapi ada beberapa komponen yang kurang lengkap serta faktor internal diri guru yang terkadang dilanda rasa malas dan keterbatasan waktu dalam melakukan evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8201

Actions (login required)

View Item View Item