Pemanfaatan media papan magnet untuk meningkatkan kemampuan pramembaca anak kelompok A TK Taman Indria 1 Malang / Intan Anggraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan media papan magnet untuk meningkatkan kemampuan pramembaca anak kelompok A TK Taman Indria 1 Malang / Intan Anggraeni

Anggraeni, Intan (2015) Pemanfaatan media papan magnet untuk meningkatkan kemampuan pramembaca anak kelompok A TK Taman Indria 1 Malang / Intan Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anggraeni Intan. 2015. Pemanfaatan Media Papan Magnet untuk Meningkatkan Kemampuan Pramembaca Anak Kelompok A TK Taman Indria 1 Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I Wayan Sutama M.Pd (II) Drs. I Made Seken M.Pd. Kata kunci media papan magnet kemampuan pramembaca anak di TK Taman Indria 1 Malang Penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan pramembaca anak kelompok A TK Taman Indria 1 Malang. Pramembaca adalah mengenalkan lambang tulisan atau pengenalan bacaan yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dan membahasakan perkataan dalam tulisan. Wawasan guru dalam mengelola sarana dan prasarana yang ada untuk kegiatan pramembaca masih rendah penggunaan metode dan pengembangan media pembelajaran terutama media pembelajaran papan magnet. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan 1) Pemanfaatan media papan magnet untuk meningkatkan kemampuan pramembaca anak kelompok A TK Taman Indria 1 Kota Malang 2) Peningkatan kemampuan pramembaca anak melalui pemanfaatan media papan magnet anak kelompok A TK Taman Indria 1 Malang. Penelitian ini menggunakan Rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang membentuk suatu siklus dalam artian bila siklus I belum berhasil maka perlu diadakan siklus II. Dengan menggunakan model siklus Kemmis Taggart yang terdiri dari perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan observasi dokumentasi dan penilaian hasil karya anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media papan magnet dapat meningkatkan kualitas pembelajaran berlangsung dalam situasi yang aktif dinamis dan menyenangkan dalam kegiatan pembelajaran pramembaca anak kelompok A TK Taman Indria 1 Malang. Siklus I kemampuan pramembaca anak masih terdapat kelemahan anak masih belum mengenal huruf A-Z sehingga mempersulit anak dalam kegiatan pramembaca. Siklus II kemampuan pramembaca anak mengalami banyak peningkatan anak dapat mengenal huruf A-Z membaca suku kata serta dapat menggabungkan dua suku kata menjadi kata. Data persentase ketuntasan belajar anak dari siklus I dan II adalah 32 33% dan 82 34%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disarankan (1) agar guru kelompok A TK Taman Indria 1 Malang menggunakan media pembelajaran papan magnet pada kegiatan pramembaca anak. (2) Bagi TK yang ingin mengatasi masalah rendahnya kemampuan pramembaca dapat menggunakan media pembelajaran papan magnet untuk meningkatkan kemampuan pramembaca. Disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti penerapan media papan magnet untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional pada anak usia dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8200

Actions (login required)

View Item View Item