Perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII yang menggunakan permainan bingo dan magic disk pada mata pelajaran bahasa Inggris pokok bahasan irregular verbs di SMP Brawijaya Smart School Malang / Harmini - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII yang menggunakan permainan bingo dan magic disk pada mata pelajaran bahasa Inggris pokok bahasan irregular verbs di SMP Brawijaya Smart School Malang / Harmini

Harmini (2010) Perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII yang menggunakan permainan bingo dan magic disk pada mata pelajaran bahasa Inggris pokok bahasan irregular verbs di SMP Brawijaya Smart School Malang / Harmini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Harmini 2009. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII yang Menggunakan Permainan Bingo dan Magic Disk pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pokok Bahasan Irregular Verbs di SMP Brawijaya Smart School Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd. (2) Eka Pramono Adi S. IP M.Si Kata-kata kunci Hasil belajar siswa Permainan bingo Magic disk Bahasa Inggris Irregular verbs Pemahaman siswa terhadap mata pelajaran bahasa Inggris terutama irregular verbs sangatlah kurang karena bagi mereka sangat sulit mempelajarinya. Biasanya siswa dituntut untuk menghafal irregular verbs agar bisa memahaminya tapi di sisi lain mereka juga dituntut harus bisa writing speaking dan listening. Di dalam pelaksanaan proses belajar mengajar siswa dituntut aktif mengikuti kegiatan belajar mengajar untuk meraih prestasi di sekolah. Maka dari itu guru dan media serta interaksi antara guru siswa dan media juga sangat mendukung proses belajar mengajar. Adanya magic disk dan penggunaan permainan bingo dalam proses kegiatan belajar mengajar diharapkan dapat melatih kemahiran dalam menguasai irregular verbs. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menguji perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan permainan bingo (2) menguji perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan magic disk (3) menguji perbedaan hasil belajar siswa menggunakan permainan bingo dan magic disk pada mata pelajaran bahasa Inggris pokok bahasan irregular verbs di SMP Brawijaya Smart School Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode desain penelitian quasi eksperimen. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII SMP Brawijaya Smart School Malang. Siswa kelas VIII A berjumlah 35 siswa dan kelas VIIIB berjumlah 34 siswa. Instrumen penelitiannnya berupa dokumentasi foto aktivitas guru dan siswa pada saat pembelajaran berlangsung dan tes hasil belajar. Dari hasil uji-T untuk ragam homogen diperoleh nilai thtiung sebesar -1 037. Dengan dk 67 didapatkan ttabel sebesar 1 99. Karena thitung ttabel (-1 037 1 99) dan nilai Sig t 0 05 (0 304 0 05) maka H0 diterima. Berdasarkan perhitungan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris pokok bahasan irregular verbs dengan menggunakan taraf nyata 0 05 terbukti bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar bahasa Inggris pokok bahasan irregular verbs antara siswa yang diajar dengan menggunakan permainan bingo dan magic disk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata rata hasil belajar pada pokok bahasan irregular verbs sama-sama meningkat setelah diberi perlakuan dengan menggunakan permainan bingo maupun magic disk secara berulang-ulang. Saran peneliti untuk sekolah adalah permainan bingo dan magic disk bisa digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan irregular verbs. Sedangkan untuk peneliti lanjutan adalah peneliti selanjutnya bisa mengembangkan penelitian ini sehingga menjadi lebih kompleks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/82

Actions (login required)

View Item View Item