Penggunaan media boneka wayang untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok A di TK Al Hidayah Tingal Kecamatan Garum Kabupaten Blitar / Andri Prasetyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media boneka wayang untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok A di TK Al Hidayah Tingal Kecamatan Garum Kabupaten Blitar / Andri Prasetyani

Prasetyani, Andri (2015) Penggunaan media boneka wayang untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok A di TK Al Hidayah Tingal Kecamatan Garum Kabupaten Blitar / Andri Prasetyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prasetyani Andri. 2015. Penggunaan Media Boneka Wayang untuk Meningkatkan Keterampilan Bebicara Anak Kelompok A di Tk Al Hidayah Tingal Kecamatan Garum Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. M. Zainuddin M.Pd (II) Dra. Hj. Lilik Bintartik M.Pd Kata Kunci keterampilan berbicara media pembelajaran boneka wayang 12288 12288 12288 12288 Keterampilan berbicara merupakan salah satu aspek perkembangan bahasa yang termasuk ke dalam bahasa lisan. Berdasarkan observasi keterampilan berbicara anak kelompok A di TK Al Hidayah Tingal Kec. Garum Kab. Blitar terdapat permasalahan yang muncul antara lain (1) keterampilan berbicara anak masih rendah hal ini disebabkan karena guru masih mendominasi dalam kegiatan pembelajaran dan media yang digunakan untuk mengembangkan keterampilan berbicara anak kurang menarik. Maka perlu adanya PTK dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan media boneka wayang di kelompok A (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara anak kelompok A. 12288 12288 12288 12288 Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A dengan jumlah 17 anak. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi lembar penilaian keterampilan berbicara dan dokumentasi. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan (1) penggunaan boneka wayang dilakukan oleh guru dengan sangat baik (100%) dan diikuti oleh anak dengan baik (79%) (2) terjadi peningkatan keterampilan berbicara anak. Pada pratindakan anak yang terampil berbicara hanya 3 anak atau 17 6% dengan kualifikasi kurang pada siklus I meningkat menjadi 7 anak atau 41 2% dengan kualifikasi kurang. Pada siklus II anak yang mampu meningkat lagi menjadi 15 anak atau 88 2% dengan kualifikasi sangat baik. Jadi dapat disimpulkan penggunaan boneka wayang sangat baik oleh guru dan diikuti dengan baik oleh anak dapat meningkatkan keterampilan berbicara dengan kualifikasi ketuntasan klasikal dari kurang menjadi sangat baik. Hal ini melandasi peneliti untuk menyarankan kepada guru Anak Usia Dini agar bisa menciptakan media pembelajaran yang menarik bagi anak dan dapat digunakan untuk meningkatkan dan mengembangkan aspek perkembangan anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8197

Actions (login required)

View Item View Item