Pengembangan permainan "alphabet scrabble" untuk menstimulasi kemampuan membaca pada anak kelompok B di taman kanak-kanak / Qudsi Cahyani Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan "alphabet scrabble" untuk menstimulasi kemampuan membaca pada anak kelompok B di taman kanak-kanak / Qudsi Cahyani Putri

Putri, Qudsi Cahyani (2015) Pengembangan permainan "alphabet scrabble" untuk menstimulasi kemampuan membaca pada anak kelompok B di taman kanak-kanak / Qudsi Cahyani Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Qudsi Cahyani. 2015. Pengembangan Permainan Alphabet Scrabble Untuk Menstimulasi Kemampuan Membaca Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak. Skripsi Jurusan kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Heru Widijoto M.S (2) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S.Pd M.Pd Kata Kunci bahasa kemampuan membaca permainan alphabet scrabble Membaca merupakan salah satu tujuan pelaksanaan pembelajaran pada bidang pengembangan bahasa. Dengan demikian membaca merupakan kemampuan yang diajarkan di Taman Kanak-kanak. Berdasarkan penelitian masih terdapat 55% dari 40siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca atau kurang lancar dalam membaca. Media pembelajaran yang digunakan hanya papan tulis yang kurang menarik bagi anak untuk mengikuti pembelajaran. Mengacu pada fakta tersebut maka perlu dikembangkan permainan yang aman mudah dan menyenangkan untuk membantu anak dalam belajar membaca yaitu permainan alphabet scrabble. Tujuan dari penelitian ini mengembangkan permainan alphabet scrabble menstimulasi kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa yang mudah dilakukan aman dan menyenangkan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan (research and development) Dick Carey (1978 8) yang terdiri dari 10 langkah namun hanya 9 langkah yang digunakan yaitu (1) analisis kebutuhan dan tujuan (2) analisis pembelajaran (3) analisis pembelajar atau anak dan konteks (4) merumuskan tujuan khusus (5) mengembangkan instrumen (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran (8) merancang dan melakukan evaluasi formatif (9) melakukan revisi. Hasil penelitian dan pengembangan berdasarkan uji ahli pembelajaran anak usia dini adalah 96 15% sangat valid ahli bahasa anak usia dini adalah 71.1% cukup valid ahli permainan anak usia dini 80.7% cukup valid terhadap permainan alphabet scrabble untuk menstimulasi kemampuan membaca anak kelompok B telah memenuhi syarat tampilan permainan dan dapat menstimulasi kemampuan membaca anak. Kesimpulan penelitian dan pengembangan permainan alphabet scrabble sangat valid dan layak digunakan karena mudah aman dan menyenangkan untuk dilakukan oleh anak kelompok B. Saran pemanfaatan dalam menggunakan produk ini adalah ketika anak menggunakan permainan alphabet scrabble perlu didampingi oleh guru peraturan permainan harus disampaikan dengan jelas kepada anak agar anak dapat menggunakan permainan alphabet scrabble dengan mudah aman serta menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8196

Actions (login required)

View Item View Item