Pengembangan permainan engklek cerita untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak Keliompok A di TK Gugus IV Srengat Kabupaten Blitar / Diana Ratna Ningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan engklek cerita untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak Keliompok A di TK Gugus IV Srengat Kabupaten Blitar / Diana Ratna Ningtyas

Ningtyas, Diana Ratna (2015) Pengembangan permainan engklek cerita untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak Keliompok A di TK Gugus IV Srengat Kabupaten Blitar / Diana Ratna Ningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ningtyas Diana Ratna. 2015 Pengembangan Permainan Engklek Ceria untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok A Di TK Gugus IV Srengat Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah dan Pra Sekolah Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Suminah S.Pd M.Pd (2) Pramono S.Pd M.Or. Kata Kunci kemampuan motorik kasar permainan engklek ceria Pembelajaran motorik kasar anak kelompok A di 3 TK yang berada dalam gugus IV Kecamatan Srengat yaitu TK Al-Hidayah Wonorejo 2 TK Al-Hidayah Pakisrejo dan TK Al-Hidayah Kerjen 1 berjalan kurang maksimal. Pembelajaran yang dilakukan kurang bervariasi kegiatan pembelajaran juga belum dikemas dalam bentuk permainan sehingga pelaksanaannya masih cenderung di dalam kelas. Media yang digunakan juga sangat terbatas sehingga anak mudah bosan dan kurang antusias saat pembelajaran. Salah satu alternatif kegiatan motorik kasar yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan permainan engklek ceria. Permainan engklek ini terdiri dari kegiatan melempar dadu bergambar melompat menggunakan satu kaki serta melompat menggunakan dua kaki pada petak engklek bergambar yang sesuai dengan dadu. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah mengembangkan permainan engklek ceria yang menyenangkan serta mudah dilakukan oleh anak kelompok A Gugus IV Kecamatan Srengat. Penelitian ini menggunakan model pengembangan (research and development) dengan subjek penelitian 54 anak kelompok A Di TK Gugus IV Kecamatan Srengat. Tahapannya adalah 1). Melakukan penelitian dan mengumpulkan informasi di lapangan 2). Melakukan perencanaan berupa penyusunan rancangan produk 3). Mengembangkan produk awal serta melakukan validasi ahli isi produk serta ahli desain dan media 4). Melakukan uji coba terbatas 5). Melakukan revisi terhadap produk yang dihasilkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase. Hasil penelitian uji coba terbatas di 3 TK responden diperoleh data 84% anak mudah melakukan permainan engklek ceria 94% anak senang melakukan permainan engklek ceria serta tingkat keamanan permainan engklek ceria ini mencapai 100%. Dengan demikian hal ini sesuai dengan hasil kualifikasi persentase antara 81% - 100% adalah sangat kuat yang artinya permainan engklek ceria ini sangat baik untuk digunakan. Kesimpulannya adalah permainan engklek ceria ini dapat digunakan dengan mudah serta menyenangkan bagi anak kelompok A untuk mengembangkan aspek motorik kasarnya. Diharapkan permainan engklek ceria ini dapat diuji cobakan kepada kelompok yang lebih luas dan dapat disosialisasikan kepada sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan yang terkait sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8195

Actions (login required)

View Item View Item