Peningkatan kemampuan berbahasa melalui media bantal cerita pada anak Kelompok A TK Al-Hidayah 01 Tawangrejo Kabupaten Blitar / Yuni Indarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan berbahasa melalui media bantal cerita pada anak Kelompok A TK Al-Hidayah 01 Tawangrejo Kabupaten Blitar / Yuni Indarwati

Indarwati, Yuni (2015) Peningkatan kemampuan berbahasa melalui media bantal cerita pada anak Kelompok A TK Al-Hidayah 01 Tawangrejo Kabupaten Blitar / Yuni Indarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indarwati Yuni. 2015. Peningkatan Kemampuan Berbahasa melalui Media Bantal Cerita pada Anak Kelompok A TK Al-Hidayah 01 Tawangrejo Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi S1 PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Alif Mudiono M.Pd (II) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd. M.Pd. Kata Kunci kemampuan berbahasa media bantal cerita Kemampuan berbahasa anak di TK Al-Hidayah 01 Tawangrejo kurang berkembang. Hal ini terbukti ketika anak ditunjuk untuk bercerita anak kurang menunjukkan ketertarikan terhadap kegiatan bercerita dan terkesan malu-malu. Anak juga mengalami kesulitan dalam mengungkapkan pendapatnya. Faktor yang menyebabkan permasalahan tersebut adalah kurangnya rasa percaya diri pada anak kurangnya keberanian anak untuk mengemukakan apa yang ingin disampaikan kurang tersedianya media yang menarik dan metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana penerapan media bantal cerita dalam upaya meningkatkan kemampuaan bahasa pada kelompok A di TK Al-Hidayah 01 Tawangrejo Kabupaten Blitar dan (2) apakah penerapan media bantal cerita dapat meningkatkan kemampuan bahasa pada anak kelompok A di TK Al-Hidayah 01 Tawangrejo Kabupaten Blitar . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan melalui tahap pratindakan dan tahap tindakan siklus I dan siklus II. Setiap tahap terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Masing-masing siklus dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan anak kelompok A dengan jumlah 19 anak. Pengumpulan data meliputi teknik pengumpulan data dan instrumen pengumpulan data. Teknik pengumpulan data meliputi teknik observasi dokumentasi dan catatan lapangan. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar observasi aktivitas guru lembar observasi kemampuan bercerita anak dan lembar catatan lapangan. Penerapan media bantal cerita dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok A TK Al-Hidayah 01 Tawangrejo. Data hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada masing-masing siklus. Persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 19% pada siklus II menjadi 83% dan masuk dalam kategori ketuntasan yang baik dengan persentase 75-84%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media bantal cerita dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok A. Berkaitan dengan hasil penelitian yang diperoleh maka saran dari penulis bagi guru yaitu sebaiknya guru mengembangkan kreativitasnya dalam merancang media yang menarik bagi anak dan memilih kegiatan yang dapat memotivasi anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8194

Actions (login required)

View Item View Item