Pengembangan permainan sirkuit my adventure dalam pembelajaran fisik motorik anak kelompok B / Alfi Perwirawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan sirkuit my adventure dalam pembelajaran fisik motorik anak kelompok B / Alfi Perwirawati

Perwirawati, Alfi (2015) Pengembangan permainan sirkuit my adventure dalam pembelajaran fisik motorik anak kelompok B / Alfi Perwirawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perwirawati Alfi. 2015. Pengembangan permainan srkuit My Adventure dalam pembelajaran fisik motorik anak kelompok B. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Pra Sekolah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr.Saichudin M.Kes (2) Pramono S.Pd. M.Or. Kata kunci Permainan sirkuit My Adventure Fisik motorik. 12288 12288 12288 12288 12288 Kegiatan Pembelajaran fisik motorik yang selama ini dilakukan untuk mengembangkan kemampuan fisik motorik di lima TK se-Kecamatan Wajak meliputi senam bersama dan jalan-jalan bersama keliling kampung. Sedangkan pembelajaran fisik motorik yang dikemas dalam sebuah permainan belum pernah dilakukan di lima sekolah tersebut. Maka peneliti merancang permainan yang diberi nama sirkuit My Adventure yaitu permainan yang berisiskan kebugaran jasmani anak seperti kekuatan kelentukan dll yang tersaji dalam setiap pos nya. 12288 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan permainan sirkuit My Adventure dalam pembelajaran fisik motorik pada anak kelompok B yang memperhatikan kebugaran jasmani pada setiap posnya. 12288 12288 12288 12288 12288 Prosedur pengembangan permainan sirkuit My Adventure adalah 1) melakukan penelitian dan pengumpulan informasi 2) melaksanakan perencanaan dan dievaluasi oleh para ahli 3) mengembangkan bentuk produk awal 4) Uji kelompok kecil dengan subjek 13 anak 5) Revisi terhadap produk awal 6) Uji lapangan utama dengan 30 subjek 7) Revisi produk. Instrumen yang digunakan adalah berupa kuesioner berisi tentang rancangan produk dan produk yang dibuat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase yang ditujukan kepada satu ahli pembelajaran anak usia dini ahli fisik motorik dan ahli calon pengguna (kepala sekolah) dan dilanjutkan dengan uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data bahwa dengan permainan sirkuit My Adventure ini pembelajaran fisik motorik dapat dilaksanakan dengan sebuah permainan yang menggabungkan semua kebugaran jasmani anak. Selain itu kebugaran jasmani anak seperti kekuatan kecepatan kelincahan kelentukan ketepatan keseimbangan dan koordinasi dapat terlatih dan terstimulasi dengan tepat pada setiap pembelajaran fisik motorik yang dikemas menjadi satu pada sebuah permainan. 12288 12288 12288 12288 12288 Saran-saran yang dapat dikemukakan adalah memperhatikan lantai yang digunakan apakah aman untuk anak atau tidak alaur permainan yang digunakan harus jelas aturan main harus jelas disampaikan kepada anak. Diharapkan hasil pengembangan ini dapat diujicobakan kepada kelompok yang lebih luas dan dapat disosialisasikan kepada sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan yang terkait sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya. Selain hal itu tersebut karena penelitian ini hanya terbatas pada pengembangan produk diharapkan ada penelitian lanjutan untuk menguji tingkat keefektifan dari produk yang dikembangkan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8192

Actions (login required)

View Item View Item