Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui alat permainan edukatif dadu huruf pada anak Kelompok A di TK Kemala Bhayangkari 44 Kota Blitar / Anggita Dwi Karismaning Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui alat permainan edukatif dadu huruf pada anak Kelompok A di TK Kemala Bhayangkari 44 Kota Blitar / Anggita Dwi Karismaning Putri

Putri, Anggita Dwi Karismaning (2015) Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui alat permainan edukatif dadu huruf pada anak Kelompok A di TK Kemala Bhayangkari 44 Kota Blitar / Anggita Dwi Karismaning Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putri Anggita Dwi K. 2015. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Alat Permainan Edukatif Dadu Huruf Pada Anak Kelompok A Di TK Kemala Bhayangkari 44 Kota Blitar. Skripsi Jurusan KSDP Program Studi S1 PG PAUD FIP Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. H. Alif Mudiono M.Pd (II) Suminah S. Pd M.Pd. Kata Kunci membaca permulaan alat permainan edukatif dadu huruf Peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok A di TK Kemala Bhayangkari 44 Kota Blitar kurang optimal. Hal ini dikarenakan kemampuan anak dalam mengenal huruf masih terbatas media yang digunakan oleh guru kurang menarik bagi anak proses pembelajaran yang berlangsung di kelas membuat anak cepat merasa bosan. Tujuan penulisan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bagaimana penggunaan alat permainan edukatif dadu huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok A di TK Kemala Bhayangkari 44 Kota Blitar (2) Apakah penggunaan alat permainan eduaktif dadu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok A di TK Kemala Bhayangkari 44 Kota Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah anak kelompok A di TK Kemala Bhayangkari 44 Kota Blitar yang berjumlah 13 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dokumentasi dan catatan lapangan selama proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus melalui tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pada penelitian ini data dianalisis dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pemanfaatan alat permainan edukatif dadu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar anak kelompok A TK Kemala Bhayangkari 44 Kota Blitar yang ditujukkan oleh nilai rata-rata siklus I skor anak mencapai 60 dan mengalami peningkatan sebesar 18.3 sehingga skor menjadi 78.3 pada siklus II. Kemudian rata-rata ketuntasan belajar anak pada siklus I mencapai 31.1% dengan kriteria kurang baik dan mengalami peningkatan sebesar 57.35 sehingga menjadi 88.45% pada siklus II dengan kriteria sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan alat permainan dadu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok A dengan baik (2) pada kegiatan pembelajaran menggunakan dadu huruf anak sangat antusias memainkan dadu huruf. Saran yang dikemukakan hendaknya guru menggunakan alat permainan atau media pembelajaran yang menarik praktis efisien tidak berbahaya serta sesuai dengan kebutuhan anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8190

Actions (login required)

View Item View Item