Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui "Games Circuit Circus" pada anak Kelompok B1 di TK Dharma Wanita 02 Keadwung Kabupaten Blitar / Yunita Tri Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui "Games Circuit Circus" pada anak Kelompok B1 di TK Dharma Wanita 02 Keadwung Kabupaten Blitar / Yunita Tri Wulandari

Wulandari, Yunita Tri (2015) Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui "Games Circuit Circus" pada anak Kelompok B1 di TK Dharma Wanita 02 Keadwung Kabupaten Blitar / Yunita Tri Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wulandari Yunita Tri. 2015.Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar melalui Games Circuit Circus pada Anak Kelompok B1di TKDharma Wanita 02 Kedawung Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hadi Mustofa M.Pd (2) Drs. I Wayan Sutama M.Pd Kata Kunci kemampuan motorik kasar games circuit circus anak kelompok B Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pengamatan yang dilakukan pada anak kelompok B1 dengan ditemukannya kesulitan pada perkembangan kemampuan fisik motorik. Penyebab dari kesulitan tersebut adalah (1) anak kurang memperoleh kesempatan dalam pembelajaran fisik motorik (2) media penunjang aktivitas fisik motorik terbatas (3) aktivitas pembelajaran fisik motorik cenderung monoton dan membosankan (4) kurangnya keseimbangan dan variasi kegiatan bermain. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan penerapan games circuit circus dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B1 2) untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B1 TK Dharma Wanita 02 Kedawung Kabupaten Blitar melalui games circuit circus . Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK)model Kemmis and Mc Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Subjek penelitian anak kelompok B1 tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 13 anak.Data dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan cara mereduksi data memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan games circuit circus dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak dengan sangat baik. Kualitas pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan bervariatif. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil observasi kemampuan motorik kasar yang ditunjukkan dengan skor rata-rata kelas dan persentase anak tuntas pada pratindakan siklus I dan siklus II. Pada pratindakan persentase anak tuntas hanya 15 38% siklus I mencapai 42 31% dan siklus II mengalami peningkatan dengan persentase jumlah anak tuntas mencapai 88 46% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan games circuit circus dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik pada anak kelompok B1 TK Dharma Wanita Kedawung. Saran yang dikemukakan diharapkan guru dan lembaga memberikan kesempatan pada anak untuk melakukan pembelajaran di luar kelas untuk melakukan aktivitas bermain sambil belajar sehingga anak tidak merasa bosan dengan pembelajaran di dalam kelas. Serta mengembangkan games circuit circus dengan cara memodifikasi media permainan dan disesuaikan dengan kebutuhan anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8189

Actions (login required)

View Item View Item