Peningkatan kemampuan fisik motorik anak melalui permainan sirkuit pas mantap pada anak Kelompok B di Tk Dharma Wanita 02 Kedawung Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar / Lutfi Najib - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan fisik motorik anak melalui permainan sirkuit pas mantap pada anak Kelompok B di Tk Dharma Wanita 02 Kedawung Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar / Lutfi Najib

Najib, Lutfi (2015) Peningkatan kemampuan fisik motorik anak melalui permainan sirkuit pas mantap pada anak Kelompok B di Tk Dharma Wanita 02 Kedawung Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar / Lutfi Najib. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Najib Lutfi. 2015.PeningkatanKemampuanFisik Motorik Anak melalui Permainan Sirkuit Pas Mantap pada Anak Kelompok B2 di TK Dharma Wanita 02 KedawungKecamatanNglegokKabupatenBlitar.Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak UsiaDini Universitas Negeri Malang.Pembimbing (1) Dra. Sutansi M.Pd (2) Pramono S.Pd. M.Or. Kata Kunci kemampuan fisik motorik permainan sirkuit pas mantap Berdasarkanobservasi yang dilakukanpeneliti di TK Dharma Wanita 02 KedawungKabupatenBlitarkhususnya di Kelompok B2 anak mengalami kesulitan pada aspek fisik motorik.Kesulitan yang dialamianakantaralainpadakemampuankecepatan kekuatan keseimbangandankekuatan. Penyebab dari kesulitan tersebut adalah pembelajaran yang dilakukan kurang bervariasi media pembelajaran yang digunakan kurang menarik kegiatan pembelajaran fisikmotorikdi luar kelas khususnya motorik kasar dan guru kurang mengoptimalkan kegiatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan permainan sirkuit pas mantap dalam meningkatkan kemampuan fisik motorik anak pada kelompok B2 dan untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan fisik motorik pada kelompok B2 TK Dhrama Wanita 02 Kedawung Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar dengan menggunakan permainan sirkuit pas mantap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah anak Kelompok B2 di TK Dharma Wanita 02 Kedawung Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar yang berjumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus melalui tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Data dianalisis dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan sirkuit pas mantap sudah baik. Guru dapat mengembangkan model pembelajaran yang lebih bervariasi aktif dan menyenangkan karena kegiatan tersebut dilaksanakan diluar kelas. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar pada kelompok B2 TK Dharma Wanita 02 Kedawung Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata pada pra tindakan 62 5. Setelah dilaksanakan siklus I nilai rata-rata meningkat 73 45 dan siklus II nilai rata-rata mengalami peningkatan menjadi86 72 dari 12 anak semua mengalami ketuntasan belajar sesuai dengan harapan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan sirkuit pas mantap sudah sangat baik hal ini diikuti dengan peningkatan yang terjadi pada kemampuan fisik motorik anak mengalami peningkatan dari kategori kurang pada pratindakan dan menjadi sangat baik pada siklus II. Saran yang dikemukakan diharapkan guru dan sekolah memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar di luar kelas dan memanfaatkan media yang menarik praktis tidak berbahaya serta sesuai dengan kebutuhan anak sehingga perkembangan anak dapat berjalan secara optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8188

Actions (login required)

View Item View Item