Keefektifan penggunaan buku cerita bergambar pada perkembangan bahasa anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kota Blitar / Ike Nur Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan penggunaan buku cerita bergambar pada perkembangan bahasa anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kota Blitar / Ike Nur Wijayanti

Wijayanti, Ike Nur (2015) Keefektifan penggunaan buku cerita bergambar pada perkembangan bahasa anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kota Blitar / Ike Nur Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wijayanti Ike Nur. 2015. Keefektifan Penggunaan Buku Cerita Bergambar pada Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Kentar Budhojo M.Pd. (2) Suwarti S.Pd. M.Pd. Kata Kunci keefektifan buku cerita bergambar perkembangan bahasa Penelitian ini berlatar belakang dari hasil observasi yang dilakukan kepada kelompok B3 TK Negeri Pembina Kota Blitar. Berdasarkan hasil observasi kegiatan bercerita dengan menggunakan buku cerita bergambar jarang sekali dilakukan sedangkan diketahui bahwa buku-buku cerita bergambar yang terdapat di perpustakaan TK Negeri Pembina tergolong cukup banyak. Ketika guru bercerita anak memerhatikan dan tidak gaduh sendiri. Penelitian ini dilakukan untuk meendeskripsikan penggunaan buku cerita bergambar dan tingkat keefektifannya pada perkembangan bahasa anak kelompok B TK Negeri Pembina Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah guru dan anak kelompok B3 TK Negeri Pembina Kota Blitar yang berjumlah 20 anak. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang telah diperoleh menggunakan skala Likert dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru menggunakan buku cerita bergambar memperoleh persentase sebesar 94% dengan kualifikasi sangat baik. Untuk tingkat keefektifan penggunaan buku cerita pada perkembangan bahasa anak kelompok B3 TK Negeri Pembina Kota Blitar diukur dari tingkat ketertarikan anak pada penggunaan buku cerita bergambar dan tingkat pemahaman anak terhadap isi cerita. Dari hasil observasi menunjukkan bahwa tingkat ketertarikan anak pada penggunaan buku cerita bergambar sebesar 87 5% dengan kualifikasi sangat efektif dan tingkat pemahaman anak terhadap isi cerita sebesar 83% dengan kualifikasi sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku cerita bergambar sangat efektif digunakan untuk mengembangkan aspek perkembangan bahasa anak normal dan kurang efektif jika diterapkan untuk mengembangkan aspek perkembangan bahasa untuk anak berkebutuhan khusus. Dari hasil penelitian ini diharapkan guru dapat lebih sering memanfaatkan kegiatan bercerita dengan menggunakan buku cerita bergambar dalam kegiatan belajar di TK. Selain itu guru diharapkan dapat memanfaatkan buku cerita bergambar sebagai salah satu media untuk mengembangkan aspek perkembangan anak lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8186

Actions (login required)

View Item View Item