Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media pohon kata pada anak Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 44 Kota Blitar / Fiftia Rofiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media pohon kata pada anak Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 44 Kota Blitar / Fiftia Rofiani

Rofiani, Fiftia (2015) Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media pohon kata pada anak Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 44 Kota Blitar / Fiftia Rofiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rofiani Fiftia. 2015. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Pohon Kata pada Anak Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 44 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sutansi M.Pd. (II) Drs. Ahmad Samawi M.Hum. Kata Kunci kemampuan membaca permulaan media pohon kata Berdasarkan pengamatan kemampuan membaca yang dilakukan pada anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 44 Kota Blitar dari 15 anak terdapat 3 anak (28%) yang sudah mampu membaca dengan benar 12 anak (72%) yang mengalami kesulitan dalam membaca karena anak masih kesulitan mengenal huruf dan memahami kata. Faktor penyebab dari kesulitan tersebut adalah kurang menariknya media yang digunakan karena hanya menggunakan papan tulis metode yang digunakan guru kurang bervariasi dan kegiatan pembelajaran kurang menarik bagi anak sehingga anak merasa bosan dan bermain sendiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan pemanfaatan media pohon kata dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B dan (2) mendeskripsikan peningkatan pemanfaatan media pohon kata dalam kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 44 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 44 Kota Blitar yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus melalui tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pada penelitian ini data dianalisis dengan menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemanfaatan media pohon kata dilakukan guru dan anak dengan sangat baik. Langkah pemanfaatan media pohon kata yang dilakukan guru yaitu (1.1) menyiapkan media (1.2) menjelaskan media pembelajaran (1.3) memperagakan media pembelajaran (1.4) memanggil anak untuk menyusun huruf dan membaca (1.5) mengevaluasi hasil belajar (1.6) memberikan pujian. (2) terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan yang meliputi kemampuan pelafalan intonasi dan kelancaran membaca. Hal ini diketahui dari hasil penelitian membaca permulaan pada siklus I nilai rata-rata mencapai 49% dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 82% dari 15 anak ada 14 anak yang tentas sedangkan 1 anak yang belum tuntas karena umur anak yang masih kurang sehingga belum mampu untuk membaca kata sederhana. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media pohon kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada kelompok B TK Kemala Bhayangkari 44 Kota Blitar. Saran yang dikemukakan diharapkan guru dapat memanfaatkan media pohon kata untuk lebih meningkatkan kemampuan membaca permulaan secara optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8182

Actions (login required)

View Item View Item