Makna ekonomi Program Keluarga Harapan (PKH) bagi masyarakat (studi pada masyarakat Desa Pengenjek kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah) / Lutfiatun Hikmah

Hikmah, Lutfiatun (2020) Makna ekonomi Program Keluarga Harapan (PKH) bagi masyarakat (studi pada masyarakat Desa Pengenjek kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah) / Lutfiatun Hikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hikmah, Lutfiatun. 2020. Makna Ekonomi Program Keluarga Harapan (PKH) Bagi Masyarakat (studi pada masyarakat desa Pengenjek Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah). Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing. Prof. Dr. Wahjoedi, M.E Kata Kunci : Program Keluarga Harapan, konsumsi, prouduksi, distribusi, investasi, tabungan. Kemiskinan pada dasarnya merupakan bentuk masalah yang muncul dalam kehidupan masyarakat. Masalah kemiskinan sampai saat ini menjadi masalah yang berkepanjangan. Salah satu program penanggulangan kemiskinan yaitu Program Keluarga Harapan (PKH). Program Keluarga Harapan merupakan suatu program yang memberikan bantuan berupa bantuan tunai kepada masyarakat miskin jika mereka memenuhi persyaratan. Fokus dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana makna ekonomi Program Keluarga Harapan (PKH) bagi masyarakat Desa Pengenjek Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana untuk memperoleh datanya menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah masyarakat yang mendapatkan bantuan PKH. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Program Keluarga Harapan (PKH) memiliki makna bagi masyarakat itu sendiri. Dalam penelitian ini peneliti menemukan beberapa makan ekonomi Program Keluarga Harapan (PKH) bagi masyarakat, pertama makna ekonomi PKH sebagai konsumsi, kedua makna ekonomi PKH sebagai produksi, ketiga makna ekonomi PKH sebagai distribusi, keempat makna ekonomi PKH sebagai investasi dan yang terakhir makna ekonomi PKH sebagai tabungan. Adapun makna ekonomi PKH sebagai konsumsi merupakan dana PKH yang didapatkan itu digunakan untuk kebutuhan anak-anaknya di bidang pendidikan dankesehatan, selain itu dana PKH juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Makna ekonomi PKH sebagai produksi disini, dana yang di dapatkan itu digunakan untuk membuat usaha atau menambah modal usaha, yang dimana nanti hasil dari usahanya itu digunakan untuk kebutuhan anak-anak dimasa yang akan datang. Makna ekonomi PKH sebagai distribusi disini, dimana hasil produksi yang dilakukan akan disalurkan ke warung-warung untuk dijual ke masyarakat. Makna ekonomi PKH sebagai investasi adalah dana PKH yang didapatkan itu digunakan untuk menyekolahkan anaknya. Sedangkan makna ekonomi PKH sebagai tabungan itu, dana PKH yang didapatkan sebagian disisihkan untuk ditabung, dari tabungan itu akan digunakan untuk kebutuhan dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/81818

Actions (login required)

View Item View Item