Analisis faktor-faktor penyebab kesulitan belajar mata pelajaran ekonomi bagi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Kota Malang tahun pelajaran 2019/2020 / Agung Nugroho

Nugroho, Agung (2020) Analisis faktor-faktor penyebab kesulitan belajar mata pelajaran ekonomi bagi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Kota Malang tahun pelajaran 2019/2020 / Agung Nugroho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nugroho, Agung. 2019. Analisis Faktor – faktor Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bagi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Prih Hardinto, M. Si Kata Kunci: Kesulitan belajar, Faktor internal, Faktor eksternal Setiap siswa pasti memiliki tingkat kesulitan belajar yang berbeda. Kesulitan belajar yang dialami oleh siswa dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Berdasarkan tingkat kesulitan belajar siswa yang berbeda pasti memiliki hasil belajar yang berbeda. Pada penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 8 Kota Malang, ditemukan hasil penelitian bahwa banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar berdasarkan faktor internal. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) faktor internal apa saja yang menyebabkan kesulitan belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 8 Kota Malang, (2) faktor eksternal apa saja yang menyebabkan kesulitan belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 8 Kota Malang. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus yang dibatasi oleh tempat dan waktu. Pada proses pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMAN 8 Kota Malang. Narasumber terdiri dari siswa, dan guru mata pelajaran ekonomi. Hasil penelitian yang ditemukan dilapangan adalah Faktor internal meliputi faktor psikologi, yaitu kurangnya perhatian siswa didalam mengikuti pelajaran ekonomi, minat siswa yang kurang terhadap pelajaran ekonomi, motivasi belajar siswa yang kurang terhadap mata pelajaran ekonomi, kebiasaan atau metode belajar yang tidak teratur dan kurangnya kesiapan belajar siswa dikelas. Faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar siswa adalah metode mengajar guru yang kurang bervariasi, teman bergaul yang tidak sesuai, dan cara didik orang tua yang beragam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/81816

Actions (login required)

View Item View Item