Pengaruh model pembelajaran dan intensitas penggunaan internet terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMA Advent Malang / Budiono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran dan intensitas penggunaan internet terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMA Advent Malang / Budiono

Budiono (2020) Pengaruh model pembelajaran dan intensitas penggunaan internet terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMA Advent Malang / Budiono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Budiono 2020. Pengaruh Model Pembelajaran dan Intensits Penggunaan Internet Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaean Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA Advent Malang. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof Dr Wahjoedi M. E Kata Kunci model pembelajaran internet hasil belajar Hasil belajar merupakan tujuan dari kegiatan belajar mengajar dengan kegiatan belajar yang dilakukan disekolah diharapkan peserta didik dapat memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Kenyataannya hasil belajar di SMA Advent Malang masih belum memuaskan hal tersebut terjadi karena model pembelajran yang digunakan oleh guru hanya model pembelajrann ceramah. Selain itu pengunaan internet yang dilakukan siswa SMA Advent Malang juga menjadi perhatian karena pada jaman milenial ini internet menjadi sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti ingin melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Model Pembelajaran dan Intensits Penggunaan Internet Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaean Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA Advent Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pemeblajaran Numbered Heads Together dan Think Pair Together perbedaan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Numbered Heads Together dengan memperhatikan intensitas penggunaan internet perbedaan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Think Pair Together dengan memperhatikan intensitas penggunaan internet ada atau tidaknya interaksi model pembelajran dan intensitas penggunaan internet terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Desain yang digunakan merupakan desain factorial 2x2 yang merupakan modifikasi dari true eksperiment. Penelitian dilakukan di SMA Advent Malang. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS. Sampel yang diambil adalah kelas X IPS 1 dan X IPS 2 dengan cara cluster random sampling. Pengumpulan data menggunkan teknik wawancara dokumentasi angket dan tes. Pengolahan data menggunkan bantuan program computer yaitu SPSS 24 dengan uji Two Way Anava. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Numbered Heads Together berbeda dengan hasil belajar siswa dengan model pembelajran Think Pair Together. Hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Numbered Headss Together (NHT) berbeda dilihat dari intensitas penggunaan internetnya. Hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbeda dilihat dari intensitas penggunaan internetnya. Tidak adanya interaksi anatara model pembelajaran dan intensitas penggunaan internet terhadadap hasil belajar siswa diperoleh nilai Fhitung 0 606 Ftabel 3.15 dan nilai signifikansi 0 05. Diharapkan kepada sekolah untuk lebih optimal lagi dalam mendukung dan memfasilitasi penggunaan metode-metode pembelajaran yang lebih sesuai dengan karakter siswa dan karakter materi pelajaran. Diharapkan para guru lebih cermat dalam meilih model pembelajaran yang sesuai. Selain itu guru juga harus berani untuk menciptakan atau melakukan modifikasi model pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan saat mengikuti proses pembelajaran. Diharapkan para siswa untuk lebih meningkatkan semangat dan motivasi belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Diharapkan kepada peneliti lain agar mampu memperoleh hasil penelitian yang lebih sempurna dengan melakukan penelitian yang berkaitan dengan penggunakan model pembelajaran lain yang lebih tepat untuk meningkatkan pemahaman kemampuan dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2020 04:29
Last Modified: 14 Dec 2022 03:07
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/81815

Actions (login required)

View Item View Item