Analisis faktor penyebab perilaku berhutang ditinjau dari status sosial ekonomi pada PNS di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang bidang pembinaan SD / Fikha Anggraini Asih Pramesti

Pramesti, Fikha Anggraini Asih (2020) Analisis faktor penyebab perilaku berhutang ditinjau dari status sosial ekonomi pada PNS di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang bidang pembinaan SD / Fikha Anggraini Asih Pramesti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fikha, Anggraini Asih Pramesti. 2020. Analisis Faktor Penyebab Perilaku Berhutang Ditinjau Dari Status Sosial Ekonomi Pada PNS Di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Bidang Pembinaan SD. Skripsi, Prodi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: Dr. Hari Wahyono, M.Pd Kata Kunci: Pegawai Negeri Sipil, Perilaku Berhutang, Faktor Penyebab Kebutuhan manusia yang terus bertambah dan harus dipenuhi agar tidak mempengaruhi kelangsungan hidup dan juga status sosial ekonomi setiap pegawai negeri sipil menyebabkan tingginya keinginan untuk meningkatkan kesejahteraan. Adanya rekomendasi hutang pada PNS menyebabkan berperilaku berhutang dikalangan PNS. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab perilaku berhutang ditinjau dari status sosial ekonomi pada pegawai negeri sipil di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Pembinaan SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling kepada pegawai negeri sipil di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Bidang Pembinaan SD yang sedang melakukan hutang di BPD Jatim atau Dhaya Harta. Prosedur pengumpulan data dengan observasi, wawancara terstruktur, analisis data serta pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Temuan penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab perilaku berhutang ditinjau dari status sosial ekonomi pada pegawai negeri sipil di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Pembinaan SD yaitu untuk biaya pendidikan anak, biaya merehab rumah, biaya mantu, biaya membeli mobil, biaya investasi tanah, biaya pembentukan usaha. Temuan ini bermanfaat bagi pegawai negeri sipil untuk lebih utamakan menabung dari gaji yang diterima agar tidak terus-menerus melakukan hutang. Selain itu, hasil dari penelitian ini juga dapat mengetahui bahwa setiap status sosial ekonomi keluarga memiliki kebutuhan berbeda-beda yang harus dipenuhi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/81814

Actions (login required)

View Item View Item