Pengaruh metode fun learning melalui aplikasi e-learning untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Pandaan pada mata pelajaran ekonomi / Yuhan Dhita Siswana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode fun learning melalui aplikasi e-learning untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Pandaan pada mata pelajaran ekonomi / Yuhan Dhita Siswana

Siswana, Yuhan Dhita (2019) Pengaruh metode fun learning melalui aplikasi e-learning untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Pandaan pada mata pelajaran ekonomi / Yuhan Dhita Siswana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Siswana Yuhan Dhita. 2019. Pengaruh Metode Fun Learning Melalui Aplikasi e-Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS Di SMA Negeri 1 Pandaan Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H.Agung Haryono S.E. M.P. Ak. Kata Kunci Metode Fun Learning Minat Belajar Hasil Belajar. Perkembangan jaman yang semakin maju di berbagai bidang salah satunya di bidang teknologi. Teknologi diterapkan di berbagai bidang kehidupan salah satunya bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan perkembangan teknologi dibuktikan dengan adanya metode pembelajaran yang semakin beragam salah satunya yaitu metode fun learning yang mana menciptakan suasana penuh keceriaan sehingga siswa senang mengikuti pembelajaran. Rasa senang siswa dalam pembelajaran membuktikan adanya minat belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Peran minat belajar dalam pembelajaran sangat penting dalam menentukan hasil belajar siswa. Semakin tinggi minat belajar siswa maka semakin tinggi atau baik pula kualitas hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode fun learning dalam pembelajaran melalui aplikasi e-learning terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas X IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Pandaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain quasy experiment (eksperimen semu) serta dalam bentuk pretest-posttest control group design. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Uji hipotesis yang digunakan yaitu Independent Sample T-Test. Hasil penelitian dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan diperoleh bahwa data minat belajar siswa dan hasil belajar saat kondisi awal (pretest) dan kondisi akhir (posttest) berdistribusi normal dan dilanjutkan dengan uji homogenitas menggunakan uji Levene s. Berdasarkan hasil uji Levene s nilai signifikansi yang diperoleh menunjukkan bahwa data minat belajar dan hasil belajar baik pretest maupun posttest mempunyai varians yang sama atau homogen. Dapat disimpulkan bahwa (1) metode fun learning dalam pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa (2) metode fun learning dalam pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Penggunaan metode fun learning dalam pembelajaran dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran dalam mata pelajaran yang lain khususnya materi secara teoritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Dec 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/81810

Actions (login required)

View Item View Item