Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis lesson study dalam mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIS MA Muhammadiyah 1 Malang / Agus Riyadi

Riyadi, Agus (2019) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis lesson study dalam mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIS MA Muhammadiyah 1 Malang / Agus Riyadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Riyadi, Agus. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Lesson Study dalam Mata Pelajaran Ekonomi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X IIS MA Muhammadiyah 1 Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Ro’ufah Inayati, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Lesson Study (LS), Hasil Belajar. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas X IIS MA Muhammadiyah 1 Malang, proses belajar dan mengajar selama ini dilaksanakan menggunakan metode pembelajaran konvensional/tradisional yaitu metode ceramah, dimana pengajar menjadi pusat pembelajaran (teacher centered). Model ceramah menjadi sumber informasi yang diperoleh peserta didik dari pengajar. Pada pelaksanaan model ceramah, siswa cenderung aktif dengan kegiatannya sendiri. Mereka kurang ada respon dan perhatian terhadap materi yang disampaikan, sehingga berpengaruh pada hasil belajar yang dicapai. Pada dasarnya, model pembelajaran disesuaikan pada cara belajar peserta didik dan kurikulum yang berlaku. Kurikulum yang berlaku pada saat ini adalah kurikulum 2013. Penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013, peserta didik diharapkan mampu mengembangkan pola pikir (penalaran, komunikasi, dan koneksi) sehingga peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran sedangkan guru hanya fasilitator terutama dalam pemecahan masalah pembalajaran dikelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan pembelajaran Problem Based Learning melalui Lesson Study, dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS MA Muhammadiyah 1 Malang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui Lesson Study. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus penelitian tindakan kelas dengan 4 kali pertemuan, dan 2 kali Lesson Study disetiap siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi yang meliputi lembar keterlaksanaan pembelajaran Problem Based Learning, Lesson Study, dan penilaian hasil belajar afektif siswa. Sedangkan data yang diperoleh dari tes yaitu hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian untuk keterlaksanaan Problem Based Learning siklus I 87,1% dan siklus II 89,7%,. Keterlaksanaan Lesson Study siklus I plan 84,4%, do 88,2,% dan see 86,6% sedangkan siklus II plan 91,1%, do 92,1% dan see 91,1%. Hasil belajar kognitif pada siklus I 37% sedangkan siklus II 74%. Rata-rata hasil belajar afektif siklus I 57,9% dan siklus II 61,34%. Kesimpulan yang dapat diambil adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Lesson Study dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIS MA Muhammadiyah 1 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/81809

Actions (login required)

View Item View Item