Perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Group Investigation (GI) pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 1 Batu / Novita Ika Fitriani

Fitriani, Novita Ika (2019) Perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Group Investigation (GI) pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 1 Batu / Novita Ika Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fitriani, N.I. 2019. Perbedaan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dan Group Investigation (GI) Pada Mata Pelajaran Ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 1 Batu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. PrihHardianto, M.Si Kata kunci: Think Pair Share, Group Investigation, Hasil Belajar Hasil belajar menjadi cerminan keberhasilan siswa dalam memahami suatu materi yang tentunya tidak luput dari peran pendidik dalam menerapkan pembelajaran di dalam kelas, sebab pembelajaran bermakna menjadi penunjang keberhasilan siswa dalam memahami materi. Akan tetapi faktanya kualitas dari pembelajaran masih kurang maksimal dikarenakan penerapan model pembelajaran yang kurang tepat dan kurang menyertakan siswa belajar secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Group Investigation (GI) pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari 31 siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan TPS dan 31 siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan GI. Instrumen yang digunakan berupa 25 butir soal pilihan ganda dengan reliabilitas 0,869. Analisis dilakukan dengan menggunakan uji ANOVA dari data kuantitatif yang diperoleh dari pretest dan posttest untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TPS dan GI. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Perbedaan juga ditunjukkan dari perolehan nilai rata-rata nilai hasil belajar siswa (posttest) pada kelas eksperimen sebesar 86,71 lebih tinggi daripada rata-rata nilai hasil belajar siswa (posttest) kelas kontrol sebesar 80,52, hal ini selaras dengan perolehan NGain Score yang menunjukkan bahwa kelas eksperimen (76,14) juga memiliki nilai lebih tinggi dari pada kelas kontrol (65,80).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/81807

Actions (login required)

View Item View Item