Analisis pengelolaan dana mahasiswa penerima bidikmisi (studi fenomenologi mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2015) / Maulidaniar Fauziyah

Fauziyah, Maulidaniar (2019) Analisis pengelolaan dana mahasiswa penerima bidikmisi (studi fenomenologi mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2015) / Maulidaniar Fauziyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fauziyah, Maulidaniar. 2019. Analisis Pengelolaan Dana Mahasiswa Penerima Bidikmisi (Studi Fenomenologi Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2015). Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Wahjoedi, M.E. Kata Kunci: Bidikmisi, pengelolaan dana bidikmisi, faktor yang mempengaruhi pengelolaan dana bidikmisi Pengetahuan dan pemahaman tentang keuangan pribadi merupakan aspek penting yang harus dimiliki setiap individu agar dapat membuat keputusan yang benar dalam mengelola keuangan. Mahasiswa Bidikmisi merupakan mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik yang baik namun kurang mampu dalam hal ekonomi. Mahasiswa Bidikmisi diberikan bantuan dana oleh pemerintah untuk melanjutkan kuliahnya dan memenuhi kebutuhan hidupnya. Keterbatasan dana yang diterima memberikan tantangan tersendiri bagi mahasiswa Bidikmisi dalam mengelola keuangannya untuk kebutuhan sehari-hari dan kuliahnya. Dengan dana 650 ribu rupiah, sebisa mungkin mahasiswa bidikmisi dapat memenuhi kebutuhan hidup dan kuliahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan dana bidikmisi mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2015 dan apa faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam mengelola keuangannya. Jenis penelitian ini adalah fenomenologi dan untuk mendapatkan informan digunakan metode purposive. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan dana bidikmisi mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi angkatan 2015 dialokasikan ke dalam berbagai kebutuhan diantaranya: 1) Kebutuhan sehari-hari yang merupakan alokasi pengeluaran terbesar dalam dana bidikmisi, yang meliputi biaya tempat tinggal/kos, biaya makan dan biaya perawatan diri. 2) Kebutuhan akademik yang sering dibutuhkan adalah biaya untuk print/cetak, biaya foto kopi, biaya buku paket, biaya servis laptop dan semua kebutuhan dalam menunjang perkuliahan baik kurikuler maupun kokurikuler. 3) Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan penunjang fashion untuk kepuasan diri mahasiswa sehingga kebutuhan sekunder dipenuhi ketika kebutuhan sehari-hari dan kuliah terpenuhi. 4) Tabungan merupakan dana cadangan yang digunakan ketika dana bidikmisi telat cair, namun hanya sebagian mahasiswa yang dapat menyisihkan dana bidikmisinya. Adapun faktor yang mempengaruhi mahasiswa bidikmisi dalam mengelola keuangannya, sebagai berikut: 1) Faktor ekonomi yang mempengaruhi mahasiswa dalam mengelola dana bidikmisinya yaitu jumlah dana bidikmisi yang didapat dan pola pengeluaran. 2) Faktor sosial yang mempengaruhi mahasiswa dalam mengelola dana bidikmisinya meliputi pengaruh dari didikan orang tua sejak kecil dan kebiasaan teman sebaya/pergaulan dalam mengelola keuangannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/81800

Actions (login required)

View Item View Item