Pengembangan strategi pembelajaran fonik dalam peningkatan berbicara anak Kelompok A di TK Tunas Harapan Kota Probolonggo / Dea Rahmania - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan strategi pembelajaran fonik dalam peningkatan berbicara anak Kelompok A di TK Tunas Harapan Kota Probolonggo / Dea Rahmania

Rahmania, Dea (2015) Pengembangan strategi pembelajaran fonik dalam peningkatan berbicara anak Kelompok A di TK Tunas Harapan Kota Probolonggo / Dea Rahmania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahmania. D. 2015. Pengembangan Strategi Pembelajaran Fonik Dalam Peningkatan Berbicara Anak A Di TK Tunas Harapan Kota Probolinggo. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Abdul Huda M.Pd. (2) Drs. I Made Seken M.Pd Kata kunci strategi pembelajaran fonik peningkatan berbicara anak usia dini 12288 12288 12288 12288 Pada studi pendahuluan di TK Tunas Harapan Probolinggo diketahui bahwa kemampuan berbicara anak masih kurang disebabkan beberapa faktor (1) perkembangan bicara anak belum benar-benar diamati (2) sebagian orang menganggap perkembangan bicara hanya akan berjalan seiring waktu (3) kegiatan peningkatan berbicara monoton. Peneliti ingin mengembangkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak dengan tujuan menghasilkan produk yang valid dan efektif. 12288 12288 12288 12288 Subjek penelitian ini yaitu seluruh anak didik kelompok A TK Tunas Harapan Kota Probolinggo. Tahap dalam penelitian ini (1) Pengumpulan data (2) Perencanaan (Planning) (3) Pengembangan Draf Produk (4) Uji coba lapangan awal (5) Revisi hasil uji coba (6) Penyempurnaan Produk (7) Uji pelaksanaan lapangan (8) Penyempurnaan produk akhir. Instrumen pada penelitian ini berupa (1) Kuisioner ahli pembelajaran anak usia dini (2) Kuisioner ahli bahasa anak usia dini (3) Kuisioner pendidik anak usia dini (4) Wawancara pendidik anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan strategi pembelajaran fonik yang diaplikasikan dalam bentuk kegiatan bernyanyi mampu meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A TK Tunas Harapan Kota Probolinggo. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil (aspek kemudahan) diperoleh hasil 91 6% hasil uji coba kelompok kecil (aspek pengaplikasian kegiatan) diperoleh hasil 87 5% hasil uji coba kelompok kecil (aspek kesenangan) diperoleh hasil 95 8% dan berdasarkan hasil uji coba kelompok keci (aspek peningkatan berbicara) diperoleh hasil 89 6%. Sedangkan pada uji coba lapangan (aspek kemudahan) diperoleh hasil 89 3% hasil uji coba lapangan (aspek pengaplikasian) diperoleh hasil 83 3% hasil uji coba lapangan (aspek kesenangan) 97 3% hasil uji coba lapangan (aspek peningkatan berbicara) 92 7%. 12288 12288 12288 12288 12288 Dengan demikian dapat disimpulkan strategi pembelajaran fonik dapat digunakan dalam pengembangan berbicara anak. Disarankan kepada guru dapat menjadi acuan untuk peningkatan berbicara dengan memperhatikan bagaimana cara atau langkah langkah pelaksanaan strategi pembelajaran dengan benar serta motivasi bagi guru untuk mengembangkan inovasi dan kreativitas dalam kegiatan strategi pembelajaran fonik agar meningkatkan kemampuan berbicara anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8180

Actions (login required)

View Item View Item