Sari, Nofi Kartika (2019) Analisis penerapan UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) dengan media handphone pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS 2 di SMAN 1 Turen / Nofi Kartika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Sari Nofi Kartika. 2019.Analisis Penerapan UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) dengan media Handphone pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Turen. Skripsi JurusanEkonomi Pembangunan Program StudiPendidikanEkonomi FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Sri Umi Mintarti W. S.E. MP. Ak Kata Kunci Unit Kegiatan Belajar Mandiri Handphone Guru ekonomi kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen memilih handphone sebagai media dari bahan ajar unit kegiatan belajar mandiri karena dapat memudahkan guru dalam membagikan tugas kepada peserta didik. Namun dalam penggunaannya masih banyak peserta didik yang belum memanfaatkan handphone sebagai media pembelajaran pada saat proses pembelajaran berlangsung. Pada saat penulis melakukan Kajian dan Praktek Lapangan di kelas tersebut masih banyak peserta didik yang menggunakan handphone untuk mengakses media sosial seperti whatsapp instagram bahkan game daripada untuk mengakses tugas yang diberikan oleh guru. Penelitianinibertujuanuntuk menganalisis penerapan (UKBM) Unit Kegiatan Belajar Mandiri dengan menggunakan media handphone pada Mata Pelajaran Ekonomi dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Turen.Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah fenomenologi. Sumber data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari observasi dan wawancara dari Guru dan Siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Turen.Sedangkan data sekunder didapat dari dokumentasi yang dilakukan saat observasi dan wawancara berlangsung. Berdasarkanhasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwa kelengkapan komponen dalam penerapan UKBM sudah terpenuhi dengan baik. Komponen tersebut meliputi adanya buku teks pelajaran (BTP) adanya rincian kompetensi dasar dan kompetensi inti adanya kegiatan-kegiatan belajar dan alat evaluasi diri. Penggunaan media pembelajaranhandphonetelah memenuhi syarat sebagai media pembelajaran karena dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran kemudian mampu menarik minat belajar peserta didik pada saat proses pembelajaran di kelas dengan adanya penggunaan handphone sebagai media pembelajaran UKBM hal tersebut sudah mampu memfasilitasi kecepatan belajar peserta didik berdasarkan kecepatan dalam menyelesaikan UKBM yang di bagikan oleh guru mata pelajaran Ekonomi. Penggunaan media pembelajaran handphone masih terdapat beberapa hambatan seperti tidak mempunyai kuota internet kualitas handphone yang juga mempengaruhi dan jika terjadi kesalahan pada saat membuka file UKBM.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/81795 |
Actions (login required)
View Item |