Analisis faktor-faktor penyebab yang mempengaruhi perilaku konsumsi mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan angkatan 2016 dalam belanja online / Rita Hardiyanti

Hardiyanti, Rita (2019) Analisis faktor-faktor penyebab yang mempengaruhi perilaku konsumsi mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan angkatan 2016 dalam belanja online / Rita Hardiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hardiyanti,Rita . 2019. Faktor-faktor yang MempengaruhiPerilakuKonsumsiMahasiswaJurusanEkonomi Pembangunan Angkatan 2016 dalamBelanjaOnline. Skripsi, JurusanEkonomi Pembangunan, FakultasEkonomi, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo, S.Th.,M.Div., M.E. Kata Kunci: Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, Belanja Online Perilaku konsumen merupakan suatu hal yang dinamis. Perkembangan teknologi membawaperkembangan pula dalamtrenmengkonsumsi yang adapadamasyarakatterutamapadakalanganmahasiswa. Minatbesarmahasiswaterhadaptransaksionlinedenganditunjangkemudahan yang ditawarkanmenyebabkanmerekaberalihdariberbelanjaofflinemenjadiberbelanjasecaraonline.Melaluionline pembelidapatmelihatberbagaiproduk yang ditawarkanmelalui web yang dipromosikanolehpenjual. Keberadaan onlineshop memberikan kemudahan bagi para konsumen khususnyamahasiswayang dapatmelakukanpembelianbarangsecaraonlinedimanasajadankapansaja.Hal tersebutterjadipadamahasiswajurusanekonomipembangunanangkatan 2016 yang diketahuibahwamerekabanyakmelakukanpembelianbarangsecara online.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumsi mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan angkatan 2016 dalam belanja online. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif yang mana data yang disampaikansertapemaknaanmengenai yang terjadidipaparkandenganmenggunakankalimat verbal. Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakanteknikwawancaradandokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa pedoman wawancara dan istrumen wawancara, yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data, tahap penyajian data dan tahap menarik kesimpulan dan vertifikasi. Hasilpenelitianiniadalahfaktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumsi mahasiswa jurusan ekonomi angkatan 2016 dalam belanja onlinepadafaktorlingkungansosialbudayaadalahfaktorbudayadankelompokacuan.Selanjutnyapadafaktorpribadi yang mempengaruhiperilakukonsumsidalambelanjaonlineadalahfaktorgayahidupdankepribadian. Selanjutnyapadafaktorpsikologi yang mempengaruhiperilakukonsumsimahasiswajurusanekonomipembangunanangkatan 2016 dalambelanjaonlineadalahfaktorgayahidup, kepribadian, motivasi, pembelajarandankepercayaan. Saran bagimahasiswa yang melakukankonsumsisecaraonlineuntuklebihselektifdalammemilihtokoonline yang memangsudahterpercayakeamanannyasehinggakemungkinanpenipuan yang terjadisangatlahkecil dan lebihbanyakmempelajariinformasitentangbarangakandibeli. Bagipenelitiselanjutnya agar dapatmenjadisumberinformasidansebagaibahankajian yang berkaitandenganpeneiltiansejenis, dandapatmelakukanpenelitian yang samadenganmenggunakanmetodepenelitian yang berbedasehinggapenelitianinimenjadilebihberkembangdanmemperolehhasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/81790

Actions (login required)

View Item View Item