Penerimaan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X IPS SMA Khairuddin Gondanglegi Kabupaten Malang / Ines Widya Anggraini

Anggraini, Ines Widya (2019) Penerimaan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X IPS SMA Khairuddin Gondanglegi Kabupaten Malang / Ines Widya Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RANGKUMAN Anggraini, Ines Widya. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas X IPS SMA Khairuddin Gondanglegi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi,Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Prih Hardinto, M.Si. Kata Kunci: Talking Stick, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Hasil observasi di SMA Khairuddin Gondanglegi kelas X IPS, menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih berada dibawah KKM. Hal ini disebabkan karena dalam penyampaian materi guru masih menggunakan model pembelajaran ceramah dan kurangnya kesiapan siswa untuk melakukan kegiatan belajar di dalam kelas. Hal-hal tersebut berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas X IPS SMA Khairuddin Gondanglegi dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Aktivitas siswa dilihat dari observasi sistematis yang dilakukan sepanjang pembelajaran. Sedangkan hasil belajar dilihat dari nilai post test yang dilakukan di setiap akhir siklus. Hasil penelitian dari sikus I nilai aktivitas siswa adalah 65,36% dan pada siklus II nilai aktivitas siwa meningkat menjadi 83,01%. Hasil penelitian ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 52,94% dan pada siklus II meningkat menjadi 92,16%. Kesimpulan pertama dari penelitian ini bawa penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat diterapkan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi. Kedua penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Ketiga penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/81784

Actions (login required)

View Item View Item