Irnanto, Indra Wahyu (2019) Analisis hambatan penerapan UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 3 Malang / Indra Wahyu Irnanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v RINGKASAN Irnanto Indra Wahyu 2019. Analisis Hambatan Penerapan UKBM Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Malang. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Progam Studi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Ro ufah Inayati. S.Pd M.Pd. Kata Kunci Hambatan Penerapan UKBM Siswa. Media pembelajaran yang menarik bagi siswa akan menumbuhkan semangat belajar dari siswa tersebut yang mana nantinya akan memperlancar di dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. Penggunaan media belajar berupa UKBM ini juga dapat membantu guru dalam mengajar sebagai pelengkap dan pendukung untuk memperkuat peranan guru dalam mengajar untuk mentransmisikan pesan pengajaran untuk kegiatan belajar siswa. Perananan UKBM pada intinya sebagai sarana informasi sebagai alat bantu sebagai pendamping bersama guru. Dalam kontribusinya UKBM sangatlah penting karena sebagai fasilitas belajar siswa didalam kelas makanya sumber-sumber yang di muat didalam UKBM haruslah yang relevan juga menggunakan bahasa yang mudah untuk dipahami sehingga peserta didik mampu menangkap isi dari materi yang ada didalam UKBM tersebut. Namun dalam penerapannya UKBM masih belum sempurna karena masih terdapat hambatan-hambatan yang dialami oleh peserta didik dan guru yang membuat proses pembelajaran tidak berjalan dengan semestinya. Berdasarkan latar belakang tersebut maka perlu dilakukan penelitian yang berfokus untuk mengetahui hambatan penerapan UKBM Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan-hambatan dalam penerapan UKBM Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi dengan pendekatan studi kasus dan menggunakan tehnik CIPP (Context Input Process Product) untuk menganalisinya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Malang yang dipilih berdasarkan pertimbangan peneliti. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Evaluasi konteks (Context Evaluation) siswa kurang berminat dengan adanya penerapan UKBM mata pelajaran Ekonomi karena materi yang tercantum kurang lengkap UKBM sendiri sudah memenuhi syarat sebagi media belajar yang mendukung gaya belajar siswa. (2) Evaluasi Input (Input Evaluation) komponen-komponen yang terdapat di UKBM sudah terpenuhi dengan semestinya untuk komponen sumber belajar siswa saat mengerjakan masih belum tersedia sepenuhnya UKBM sudah mampu menjadi fasilitator kecepatan belajar siswa dan siswa juga mudah memahami instruksi-instruksi dalam mengerjakan UKBM yang membuat proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik. (3) Evaluasi Proses (Process Evaluation) dalam hal ini peran guru sangat terlihat guru tidak hanya sebagai fasilitator tetapi juga sebagai evaluator proses belajar yaitu berupa penilaian perkembangan siswa UKBM disini sudah bisa menjadi fasilitator kemudahan siswa dalam belajar dan vi memahami materi yang sedang dipelajari dalam hal ini ada beberapa hambatan sering terjadi dalam penerapan UKBM yaitu berupa suasana kelas yang kurang kondusif untuk belajar dan beberapa materi kurang dicantumkan didalam UKBM sehingga membuat siswa kesulitan untuk belajar dan harus mencari sumber yang relevan guna menunjang dalam hal mengerjakan UKBM. (4) Evaluasi Produk (Product Evaluation) dampak yang diberikan setelah adanya penggunaan UKBM yaitu berupa efektivitas dalam proses pembelajaran yang membuat siswa mencapai ketuntasan belajar berupa pemahaman KI dan KD yang sedang dipelajari. Namun untuk segi hasil keluaran berupa produk yaitu UKBM masih kurang sempurna karena masih adanya materi-materi yang kurang tercantum di dalam UKBM. Saran yang diberikan oleh peneliti yaitu (1) Bagi Sekolah SMA Negeri 3 Malang Sekolah diharapkan memperbanyak sumber BTP (Buku Teks Pelajaran) yang lebih aktual dan relevan guna menyusun UKBM agar lebih lengkap lagi dan lebih sempurna untuk memudahkan siswa dalam belajar mata pelajaran Ekonomi. (2) Bagi Guru mata pelajaran Ekonomi harapannya guru bisa menjaga efektivitas dari penggunaan UKBM dalam proses pembelajaran terutama dalam hal terpenting yaitu pemberian instruksi dalam mengerjakan UKBM kemudian pada pemberian nilai untuk siswa. (3) Bagi Peneliti selanjutnya harapan kedepannya bagi peneliti lain yang ingin meneliti UKBM atau bahan ajar lainnya menggunakan tehnik yang berbeda dan jenis penelitian yang berbeda. Agar kedepannya menjadi sumber atau referensi dalam penerapan UKBM untuk Sekolah Menengah Atas menjadi lebih baik dan ikut memajukan bangsa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/81783 |
Actions (login required)
View Item |