Pendidikan ekonomi keluarga etnis Tionghoa dalam membangun jiwa kewirausahaan (studi kasus komunitas etnis Tionghoa di Kampung Pecinan Malang) / Moh. Fajar Widyananda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendidikan ekonomi keluarga etnis Tionghoa dalam membangun jiwa kewirausahaan (studi kasus komunitas etnis Tionghoa di Kampung Pecinan Malang) / Moh. Fajar Widyananda

Widyananda, Moh. Fajar (2019) Pendidikan ekonomi keluarga etnis Tionghoa dalam membangun jiwa kewirausahaan (studi kasus komunitas etnis Tionghoa di Kampung Pecinan Malang) / Moh. Fajar Widyananda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Widyananda Moh. Fajar. 2019. Pendidikan Ekonomi Keluarga Etnis Tionghoa Dalam Membangun Jiwa Kewirausahaan (Studi Kasus Komunitas Etnis Tionghoa Di kampung Pecinan Malang). Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Lisa Rokhmani M.Si Kata Kunci Pendidikan Ekonomi Keluarga Kewirausahaan. Pendidikan mengajarkan manusia untuk berfikir inovasi dan mempraktekkan apa yang telah didapat dalam proses pendidikan tersebut. Pendidikan yang sangat penting untuk diajarkan kepada anak sejak usia dini adalah pendidikan ekonomi anak diajarkan tentang ekonomi sejak dini agar bisa membentuk sikap rasional mandiri dan disiplin. Adapun pendidikan informal merupakan pendidikan yang diajarkan di dalam keluarga melalui aktivitas seharihari dalam melakukan kegiatan ekonomi. Pendidikan ekonomi di dalam keluarga sangat bermacam-macam salah satunya di keluarga Etnis Tionghoa dimana di dalamnya diajarkan aspek-aspek tentang ilmu ekonomi sejak usia dini hingga dewasa. Keluarga Etnis Tionghoa dikenal sejak dahulu tentang keahliannya dalam berdagang Etnis Tionghoa memegang kendali dalam hal berdagang dan keberhasilan tersebut tak lepas dari sikap mental yang dimilikinya yaitu pantang menyerah dan berani mengambil risiko. Selain itu masyarakat tionghoa sangat rajin gesit dan mereka tidak segan untuk bekerja. keberhasilan etnis tionghoa dalam berwirausaha karena etos kerja yang tinggi dan kemampuan berinvestasi dalam berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendidikan ekonomi keluarga Etnis Tionghoa yang menjadi subjek pada penelitian ini. Untuk mengetahui pendidikan ekonomi keluarga Etnis Tionghoa maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah fenomenologi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif artinya data yang akan dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Maka data yang didapat akan lebih jelas dan nyata tentang fenomena yang terjadi di lapangan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dengan pemilihan informan menggunakan teknik Purposive Sampling dimana sampel diperoleh melalui proses bergulir dari satu responden ke responden yang lain. Keluarga Etnis Tionghoa dalam mengajarkan ilmu ekonomi kepada anak dengan mempraktekkan secara langsung atau mengikutsertakan anak dalam kegiatan ekonomi sehari-hari agar anak mudah memahami dan terlatih dalam kehidupan sehari-hari. Anak dididik secara disiplin dan mandiri sejak usia dini selain itu anak dibiasakan untuk membantu dalam hal berwirausaha/berdagang seperti bersih-bersih toko melayani konsumen membantu membeli kebutuhan toko hingga ikut mengelola keuangan toko oleh sebab itu anak dilatih agar dapat meneruskan toko yang sudah diwariskan dari nenek moyang dahulu. Etnis Tionghoa sangat ahli dalam berwirausaha sehingga secara turun temurun anak didik untuk bisa menjadi penerus dan ahli berwirausaha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/81780

Actions (login required)

View Item View Item