Upaya guru Taman Kanan-Kanak dalam melakasanakan pembelajaran yang efektif untuk menstimulasi potensi kreatif anak / Izzatun Nafsi - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya guru Taman Kanan-Kanak dalam melakasanakan pembelajaran yang efektif untuk menstimulasi potensi kreatif anak / Izzatun Nafsi

Nafsi, Izzatun (2015) Upaya guru Taman Kanan-Kanak dalam melakasanakan pembelajaran yang efektif untuk menstimulasi potensi kreatif anak / Izzatun Nafsi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nafsi Izzatun. 2015. Upaya Guru Taman Kanak-kanak dalam Melaksanakan Pembelajaran yang Efektif Untuk Menstimulasi Potensi Kreatif Anak. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tumardi S.Pd M.Pd (II) Dra. Harti Kartini M.Pd Kata kunci Guru Taman Kanak-kanak Pembelajaran Efektif Potensi Kreatif. Potensi kreatif pada dasarnya dimiliki oleh setiap anak dan perlu stimulasi untuk mengembangkannya secara optimal. Hasil pengamatan yang dilakukan di TK Kartika IX-41 Malang diketahui bahwa pembelajaran masih mengutamakan kegiatan baca tulis dan hitung. Kegiatan pembelajaran masih menggunakan media yang sama setiap hari hal ini membuat anak lebih suka mengobrol dengan temannya meletakkan kepala di atas meja dan bermain dengan kursinya. Fokus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup upaya guru taman kanak-kanak dalam menstimulasi potensi kreatif anak dan kegiatan pembelajaran yang efektif bagi guru taman kanak-kanak dalam menstimulasi potensi kreatif anak. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dari TK Kartika IX-41 Malang TK Kartika IV-1 Malang TK Negeri Pembina 2 Malang dan TK Laboratorium UM. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara dengan peneliti sebagai instrumen utama. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh hasil bahwa beberapa upaya yang telah dilakukan guru dalam menstimulasi potensi kreatif anak dengan memberikan kebebasan kepada anak kegiatan eksplorasi lingkungan kegiatan seni dan umpan balik baik berupa pujian senyuman dan rasa penghargaan terhadap hasil yang diberikan anak. Beberapa kegiatan yang telah dilakukan oleh guru tersebut masih belum disadari oleh guru bahwa hal tersebut mampu menstimulasi potensi kreatif anak. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pemahaman guru yang cukup baik mengenai kreativitas masih belum diterapkan pada kegiatan pembelajaran secara maksimal. Dengan demikian disarankan kepada guru taman kanak-kanak agar menyadari pentingnya pengembangan kreativitas kepada anak lebih memperdalam pemahaman mengenai kreativitas dan dapat menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari dengan lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8178

Actions (login required)

View Item View Item