Makna pendidikan ekonomi informal bagi keluarga petani di Desa Domasan Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung / Nisaul Fadhila

Fadhila, Nisaul (2019) Makna pendidikan ekonomi informal bagi keluarga petani di Desa Domasan Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung / Nisaul Fadhila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii RINGKASAN Fadhila, Nisaul. 2019. Makna Pendidikan Ekonomi Informal bagi Keluarga Petani di Desa Domasan Kecamaan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Wahjoedi, M.E. Kata Kunci: petani, pendidikan informal, pendidikan ekonomi Keluarga berfungsi sebagai tempat pembentukan kepribadian dan perilaku anak dan merupakan tempat berlangsungnya pendidikan untuk pertama kali bagi anak. Oleh karena itu pendidikan dalam keluarga menjadi sangat penting bagi bekal anak ketika dewasa, terutama dalam hal pendidikan ekonominya. Upaya orang tua dalam mendidik anak dipengaruhi oleh tingkat pendidikannya, dalam hal ini, petani memiliki tingkat pendidikan rendah. Dengan demikian penelitian ini menggali tentang 1) potret kehidupan ekonomi keluarga petani, 2) makna pendidikan ekonomi menurut keluarga petani, dan 3) proses pendidikan ekonomi keluarga petani. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Informan dalam penelitian ini ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dan dilanjutkan dengan teknik snowball sampling, dimana peneliti menentukan 1 hingga 2 orang informan sesuai dengan kriteria , kemudian bergulir berdasarkan rekomendasi dari informan sebelumnya. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya dilakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Potret kehidupan ekonomi keluarga petani digambarkan dengan kemampuannya menghasilkan beras yang cukup untuk kebutuhan keluarga. Pendapatan yang diperoleh dari bertani tidak mampu mencukupi kebutuhan secara penuh sehingga petani berusaha mencari sumber pendapatan 2) Petani memaknai pendidikan ekonomi melalui sikap hidup hemat, pengelolaan keuangan, memberi skala prioritas dalam melakukan konsumsi, pengenalan konsep bekerja dan pembagian tugas dalam keluarga. 3) Proses pendidikan ekonomi diajarkan kepada anak sejak usia dini dan diberikan pada saat momen kebersamaan keluarga atau pada situasi incidental yang mengharuskan orang tua memberikan penjelasan. Proses pendidikan ekonomi dalam keluarga petani meliputi proses pendidikan ekonomi dalam kegiatan konsumsi, kegiatan produktif dan pengelolaan keuangan. Dalam kegiatan konsumsi orang tua menanamkan sikap hidup hemat dengan mengedepankan kebutuhan daripada keinginan. Dalam kegiatan produktif orang tua melatih anak untuk melakukan pekerjaan tertentu. Sedangkan dalam pengelolaan keuangan orang tua membiasakan anak untuk menabung dan mengelola keuangan secara mandiri melalui pemberian uang saku. Bentuk-bentuk pendidikan ekonomi antara lain keteladanan dalam mengelola pendapatan, penjelasan verbal untuk tidak viii boros dalam menggunakan uang, diskusi dalam menentukan keputusan ekonomi dan tuntutan perilaku untuk berhemat dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/81779

Actions (login required)

View Item View Item