Penerapan model pembelajaran mind mapping dan snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS II SMA Negeri 1 Karangan tahun ajaran 2017/2018 / Nyamanda Ade Ruwanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran mind mapping dan snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS II SMA Negeri 1 Karangan tahun ajaran 2017/2018 / Nyamanda Ade Ruwanti

Ruwanti, Nyamanda Ade (2019) Penerapan model pembelajaran mind mapping dan snowball throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS II SMA Negeri 1 Karangan tahun ajaran 2017/2018 / Nyamanda Ade Ruwanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ruwanti Nyamanda Ade. 2019. Penerapan Model pembelajaran Mind Mapping dan Snowball Thrawing Un[tuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS II SMA Negeri 1 KARANGAN Tahun ajaran 2017/2018. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Sri Umi Mintarti W S.E M.P. Ak. Kata Kunci Belajar Model Pembelajaran Mind Mapping Snowball Thrawing Kegiatan pembelajaran yang efektif dan berkualitas perlu diterapkan agar para siswa mendapatkan hasil belajar yang bagus sedangkan upaya untuk memperbaiki serta meningkatkan mutu pendidikan seakan tidak pernah berhenti sehingga perlu dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan. Agar mendapatkan lulusan yang berkualitas. Banyak hal yang mempengaruhi kegiatan belajar mengajar baik itu dari siswa seperti halnya konsentrasi siswa kebiasaan belajar siswa keaktifan siswa ataupun dari guru penampilan guru cara penyampaian materi model pembelajaran yang diterapkan serta media yang digunakan. Dalam penyampaian materi yang lebih menarik guru perlu menerapkan model pembelajaran yang tepat serta penggunaan media yang bervariasi. . Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah siswa yang sering lupa dengan materi yang telah dipelajari dan itu mempersulit mereka pada waktu akan mendekati ulangan sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Banyak hal yang mempengaruhi kegiatan belajar mengajar mengajar baik itu dari siswa seperti halnya konsentrasi siswa kebiasaan belajar siswa dan keaktifan siswa. Maupun dari guru seperti penggunaan model pembelajaran penampilan dan penggunaan media yang menarik. Oleh karena itu pada penelitian ini peneliti menggunak model pembelajaran mind mapping agar mereka mudah mempelajari materi dan menggunakan model pembelajaran Snowball thrawing untik melatih daya ingatserta ketanggapan siswa untuk menjawab pertanyaan. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS II SMA Negeri 1 Karangan. (2) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Snowball Thrawing dapat meningkatkan hasil beajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Yang dilakukan dalam beberapa siklus di setiap siklusnya terdapat 4 tahap (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) mengamati dan observasi (4) merefleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Mind Mapping dan Snowball Thrawing. Hal ini dapat dilihat dengan pencapaian hasil belajar dengan rata-rata nilai post test siklus I sebesar 77 dengan persentase ketuntasan sebesar 35% sementara nilai rata-rata pada siklus II sebesar 89 dengan persentase ketuntasan sebesar 87%. Sedangkan persentase keterlaksanaan tindakan penelitian pada siklus I sebesar ii 68% pada siklus II persentase ketuntasan sebesar 88% yang juga mengalami peningkatan. Di harapkan penelitian ini di masa yang aan datang menjadi lebih baik. Bertitik tolak dari penelitian ini beberapa saran yang diajukan oleh peneliti adalah (1)bagi sekolah dapat dilakukan sebagai refrensi guru untuk kegiatan belajar mengajar di kelas sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (2) bagi guru dapat digunakan untuk membantu mempermudah penyampaian materi yang amat banyak. Sehingga dapat mempermudah siswa dalam belajar. (3) bagi siswa dapat mempermudah belajar mereka dan membantu meningkatkan daya ingat siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/81777

Actions (login required)

View Item View Item