Analisis penerapan nilai-nilai pendidikan ekonomi keluarga dalam sektor bisnis UMKM makanan di jalan Terusan Ambarawa, Sumbersari, Kota Malang / Iin Nofitasari

Nofitasari, Iin (2019) Analisis penerapan nilai-nilai pendidikan ekonomi keluarga dalam sektor bisnis UMKM makanan di jalan Terusan Ambarawa, Sumbersari, Kota Malang / Iin Nofitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Nofitasari, Iin. 2019. Analisis Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Ekonomi Keluarga Dalam Sektor Bisnis UMKM Makanan Di Jalan Terusan Ambarawa, Sumbersari, Kota Malang. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Sri Umi Mintari W., S.E., M.P., Ak Kata kunci: Pendidikan ekonomi keluarga, metode, UMKM. Dalam memenuhi kebutuhan, seseorang harus melakukan suatu kegiatan konsumsi, sebelum melakukan kegiatan konsumsi seseorang harus terlebih dahulu melakukan suatu pekerjaan atau melakukan suatu usaha atau bisnis agar bisa mendapatkan suatu penghasilan yang kemudian digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pada saat ini, kegiatan usaha di Indonesia yang paling banyak digiatkan oleh masyarakat adalah Usaha Mikro,Kecil dan Menengah (UMKM). UMKM merupakan suatu usaha produktif yang beridiri sendiri, yang dilakukan perorangan atau badan usaha disemua sektor ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan nilainilai pendidikan ekonomi keluarga dalam sektor bisnis UMKM Makanan di Jalan Terusan Ambarawa, Sumbersari, Kota Malang dan untuk mengetahui penerapan metode nilai-nilai pendidikan ekonomi keluarga dalam melakukan sektor bisnis Unit Miro Kecil Menengah Makanan. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskripsi dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, sedangkan subyek penelitian ini adalah para pelaku bisnis UMKM Makanan yang berjumlah tiga orang sebagai informan utama, sedangkan anak pelaku bisnis UMKM Makanan sebagai informan pendukung. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk membuktikan keabsahan data digunakan teknik trianggulasi sumber dan teknik. Trianggulasi sumber yaitu membandingkan hasil wawancara informan utama dan informan pendukung, sedangkan trianggulasi teknik yaitu menyamakan hasil wawancara informan satu dengan lainnya. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, yaitu penerapan nilai-nilai pendidikan ekonomi keluarga dalam sektor bisnis UMKM Makanan di Jalan Terusan Ambarawa, Sumbersari, Kota Malang adalah (1) Nilai kejujuran, (2) nilai kedisiplinan, (3) Nilai hemat, (4) Nilai kekeluargaan, (5) Nilai persaingan. Kemudian metode yang digunakan dalam menerapkan nilai-nilai pendidikan ekonomi keluarga dalam melakukan sektor bisnis Unit Miro Kecil Menengah Makanan kepada anak yaitu dengan menggunakan metode keteladanan dan penjelasan verbal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/81775

Actions (login required)

View Item View Item