Rohmah, Binti Latifatur (2019) Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga, dan gaya hidup terhadap rasionalitas perilaku konsumsi mahasiswa (studi pada S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2017) / Binti Latifatur Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Rohmah Binti Latifatur. 2019. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua Pendidikan Ekonomi di Lingkungan Keluarga dan Gaya Hidup terhadap Rasionalitas Perilaku Konsumsi Mahasiswa (Studi pada S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2017). Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. Hj. Lisa Rokhmani M.Si Kata kunci Status sosial ekonomi orangtua pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga gaya hidup Status sosial ekonomi orangtua pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dan gaya hidup merupakan faktor yang dapat mempengaruhi rasionalitas perilaku konsumsi seseorang. Tingginya pengaruh globalisasi mempengaruhi mahasiswa dalam pengambilan keputusan pembelian. Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi khususnya angkatan 2017 mempunyai bekal pemahaman yang lebih tentang ekonomi sehingga memiliki kecakapan di bidang ekonomi untuk bertindak secara rasional. Maka dari itu mahasiswa seharusnya mampu membuat keputusan pembelian pada jenis barang dan jasa yang efektif dan efesien. Akan tetapi pada faktanya mahasiswa sebagai konsumen memiliki dua sifat dalam berkonsumsi ada yang bersifat rasional adapula yang bersifat irasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanasi untuk menganalisis pengaruh variabel bebas yaitu status sosial ekonomi orangtua (X1) pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga (X2) dan gaya hidup (X3) terhadap rasionalitas perilaku konsumsi (Y). Untuk menganalisis pengaruh variabel bebas terhadap variable terikat di dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda IBM SPSS Statistics 21.0. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi angkatan 2017 yang berjumlah 142 mahasiswa. Sampel di dalam penelitian ini berjumlah 104 mahasiswa dengan menggunakan rumus slovin. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner berskala likert. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif analisis regresi linier berganda uji asumsi klasik meliputi uji normalitas uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji t yang digunakan untuk menguji apakah suatu variabel bebas (status sosial ekonomi orangtua pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dan gaya hidup) berpengaruh secara parsial terhadap variabel terikat (rasionalitas perilaku konsumsi) dan uji F digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas (status sosial ekonomi orangtua pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dan gaya hidup) terhadap variabel terikat (rasionalitas perilaku konsumsi) secara simultan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh antara variabel status sosial ekonomi orangtua (X1) sebesar 2 532 1 987 pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga (X2) sebesar 5 654 1 987 dan gaya hidup (X3) sebesar 6 200 1 987 terhadap rasionalitas perilaku konsumsi (Y). Gaya hidup memiliki pengaruh terbesar karena mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2017 mampu berpikir secara ketat bekaitan dengan pengelolan finansial dalam kehidupan sehari-hari dengan rasionalitas berkonsumsinya. Dari keseluruhan variabel yaitu status sosial ekonomi orangtua dan pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga status sosial ekonomi orangtua memiliki pengaruh yang paling rendah terhadap rasionalitas perilaku konsumsi karena status sosial ekonomi orang tua merupakan faktor eksternal dalam pengambilan keputusan pembelian sedangkan pendidikan ekonomi di lingkungan keluarga dan gaya hidup merupakan faktor internal dalam pengambilan keputusan pembelian yang pengaruhnya lebih besar. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi mahasiswa dalam mengambil keputusan pembelian sehingga menjadi acuan dalam hidup untuk mengatur keuangan dan digunakan secara rasional dengan seoptimal mungkin dimulai sejak dini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/81760 |
Actions (login required)
View Item |