Pola perilaku konsumsi Tenaga Kerja Wanita (TKW) pasca kepulangan dari luar negeri di Desa Bendorejo Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar / Nafiri Nourma Ulil Husna

Husna, Nafiri Nourma Ulil (2019) Pola perilaku konsumsi Tenaga Kerja Wanita (TKW) pasca kepulangan dari luar negeri di Desa Bendorejo Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar / Nafiri Nourma Ulil Husna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Husna, Nafiri Nourma Ulil. 2019. Pola Perilaku Konsumsi Tenaga Kerja Wanita (TKW) Pasca Kepulangan Dari Luar Negeri Di Desa Bendorejo Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Sri Umi Mintarti Widjaja, S.E., M.P., Ak. Kata Kunci : Pengelolaan Keuangan, Kegiatan Konsumsi, Kegiatan Produktif. Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk tertinggi keempat dunia dengan jumlah penduduknya mencapai 266,79 juta jiwa. Dengan laju pertumbuhan penduduk yang tinggi secara langsung akan mempengaruhi perkembangan angkatan kerja dan kesempatan kerja, namun hal tersebut tidak seimbang sehingga menyebabkan tingginya angka pengangguran. Untuk mengatasai hal tersebut, pemerintah melaksanakan progam penempatan tenaga kerja ke luar negeri. Tujuan utama dari TKI maupun TKW adalah untuk memperbaiki kondisi ekonomi keluarga. Namun, ketika kembali ke daerah asal terdapat dua perubahan perilaku yaitu perubahan perilaku kearah positif dan negatif. Perubahan perilaku ke arah positif adalah pemanfaatan pendapatan yang diterima untuk kegiatan produktif serta efektif dalam mengelola keuangan. Sedangkan perubahan perilaku ke arah negatif mereka berkonsumsi hanya menuruti gengsi semata tanpa memikirkan manfaatnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola perilaku konsumsi berdasarkan pengelolaan keuangan dan kegiatan konsumsi yang dilakukan dengan subyek mantan tenaga kerja wanita di Desa Bendorejo Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi dan teknik purposive sampling. Tujuan penelitian fenomenologi adalah untuk menggambarkan fakta-fakta atau fenomena yang terjadi dilapangan dengan sebenarnya. Data primer yang dipaparkan berupa hasil wawancara dari pihak yang bersangkutan. Hasil penelitian menunjukkan Berdasarkan hasil penelitian mengenai pola perilaku konsumsi tenaga kerja wanita pasca kepulangan dari luar negeri di Desa Bendorejo Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar dapat diambil kesimpulan bahwa (1) Dilihat dari segi pengelolaan keuangan terdapat dua karakter informan yaitu pembelian secara terencana dan pembelian secara tidak terencana.(2) Dalam melakukan kegiatan konsumsi mengarah pada perilaku konsumsi yang bersifat karena mempunyai pengelolaan keuangan yang baik sehingga tidak mudah terpengaruh. Sedangkan perilaku bersifat irasional dikarenakan pembelian yang dilakukan tanpa perencanaan sehingga mudah terpengaruh oleh strategi penjualan yang ditawarkan. (3) Selain digunakan untuk kegiatan konsumsi, juga dimanfaatkan untuk kegiatan produktif dengan membuka usaha seperti toko sembako, kue, pertamini, pengelasan, serta ternak hewan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/81751

Actions (login required)

View Item View Item