Peningkatan kemampuan motorik halus anak Kelompok B melalui kegiatan kreasi kertas kokoru di TK Muslimat NU Sumbersuko 01 Lumajang / Adiningsih Kartika Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan motorik halus anak Kelompok B melalui kegiatan kreasi kertas kokoru di TK Muslimat NU Sumbersuko 01 Lumajang / Adiningsih Kartika Sari

Sari, Adiningsih Kartika (2015) Peningkatan kemampuan motorik halus anak Kelompok B melalui kegiatan kreasi kertas kokoru di TK Muslimat NU Sumbersuko 01 Lumajang / Adiningsih Kartika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sari Adiningsih Kartika. 2015. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B melalui Kegiatan Kreasi Kertas Kokoru di TK Muslimat NU Sumbersuko 01 Lumajang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd M.Pd. (2) Wuri Astuti S.Pd. Kata Kunci Motorik Halus Kreasi Kertas Kokoru TK Kemampuan motorik halus adalah kemampuan gerakan anak yang mengkoordinasikan bagian tangan dan mata. Hasil observasi awal ditemukan beberapa permasalahan antara lain (1) Dari 23 anak di kelompok B terdapat 14 (60%) anak yang kemampuan motorik halusnya masih rendah (2) Anak belum terampil dalam mengkoordinasi gerak jari jari tangan dalam kegiatan menggunting melipat kertas memegang pensil dan media lainnya. Oleh karena itu peneliti memilih kegiatan kreasi kertas kokoru untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan penggunaan kreasi kertas kokoru untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Muslimat NU Sumbersuko 01 Lumajang (2) Mendeskripsikan hasil peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Muslimat NU Sumbersuko 01 Lumajang dengan menerapkan kegiatan kreasi kertas kokoru. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yakni (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu (1) observasi (2) wawancara dan (3) dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar penilaian kemampuan motorik halus dan lembar wawancara. Subyek dari penelitian ini adalah anak kelompok B TK Muslimat NU Sumbersuko 01 Lumajang yang berjumlah 23 anak. Penelitian ini dilakukan pada semester II tahun ajaran 2014/2015. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan kreasi kertas kokoru dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Muslimat NU Sumbersuko 01 Lumajang. Rata rata kemampuan awal anak yaitu 64 23% dengan tingkat keberhasilan klasikal mencapai 44 44%. Pada siklus I kemampuan motorik halus anak memperoleh persentase rata rata 71 56 % dengan tingkat keberhasilan klasikal mencapai 56 11%. Pada siklus II kemampuan motorik halus anak memperoleh prosentase rata rata 77 93% dengan tingkat keberhasilan klasikal mencapai 86 60%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak dapat meningkat melalui kegiatan kreasi kertas kokoru. Dari penelitian ini diharapkan guru dapat menggunakan kegiatan kreasi kertas kokoru ini dalam pembelajaran berlangsung anak dapat berkreasi dengan kertas kokoru dan menghasilkan suatu karya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8174

Actions (login required)

View Item View Item