Penggunaan metode bercerita dengan boneka jari tangan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak Kelompok A di TA Pesan Ibu Malang / Novita Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan metode bercerita dengan boneka jari tangan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak Kelompok A di TA Pesan Ibu Malang / Novita Dewi

Dewi, Novita (2015) Penggunaan metode bercerita dengan boneka jari tangan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak Kelompok A di TA Pesan Ibu Malang / Novita Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dewi Novita. 2015. Penggunaan Metode Bercerita dengan Boneka Jari Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok A di TA Pesan Ibu Malang. Skripsi. Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si. (II) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd M.Pd. Kata Kunci Metode Bercerita Media Boneka Jari Tangan Kemampuan Berbahasa TK Kelompok A 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan berbahasa anak kelompok A di TA Pesan Ibu Malang. Hal ini disebabkan karena guru kurang memberi kebebasan pada anak untuk memilih kegiatan yang diinginkan anak guru lebih sering meminta anak untuk mengerjakan majalah (LKS) serta kurang memanfaatkan media pembelajaran yang menarik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan metode bercerita menggunakan boneka jari tangan pada anak kelompok A di TA Pesan Ibu Malang (2) Apakah terdapat peningkatan kemampuan berbahasa setelah digunakan metode bercerita menggunakan boneka jari tangan pada anak kelompok A di TA Pesan Ibu Malang 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Hopkins (1993) dan dirancang dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi perencanaan aksi/tindakan observasi dan refleksi. Peneliti berkolaborasi dengan guru kelas guru kelas sebagai pelaksana sedangkan peneliti sebagai observer. Subyek penelitian yaitu anak kelompok A di TA Pesan Ibu Malang sebanyak 30 anak 20 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru lembar observasi siswa dan dokumentasi. Analisis data yang dipakai adalah deskriptif baik deskriptif kuantitatif maupun deskriptif kualitatif. 12288 12288 12288 12288 12288 Penerapan metode bercerita dengan boneka jari tangan diawali dengan guru memberitahu judul cerita dan memperkenalkan tokoh-tokohnya kemudian bercerita dengan boneka jari tangan selanjutnya anak menceritakan kembali cerita tersebut di depan kelas secara berkelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa anak pada pra tindakan sebesar 33.33% meningkat menjadi 46.67% pada siklus I dan menjadi 83.33% pada siklus II. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bercerita dengan boneka jari tangan dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak kelompok A. Saran yang diberikan (1) bagi sekolah untuk menyediakan media pembelajaran yang menarik seperti boneka jari tangan (2) bagi guru untuk menggunakan metode bercerita dengan boneka jari tangan dalam kegiatan pembelajaran pada bidang pengembangan bahasa (3) bagi peneliti lain untuk lebih mengkreasikan lagi pembelajaran yang menggunakan metode bercerita menggunakan boneka jari tangan agar lebih menarik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8171

Actions (login required)

View Item View Item