Pengembangan permainan bowling angka dalam pembelajaran kognitif mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak Kelompok A di Tk Tunas Bangsa Jombang / Palupi Galih Sesuleh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan bowling angka dalam pembelajaran kognitif mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak Kelompok A di Tk Tunas Bangsa Jombang / Palupi Galih Sesuleh

Sesuleh, Palupi Galih (2015) Pengembangan permainan bowling angka dalam pembelajaran kognitif mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak Kelompok A di Tk Tunas Bangsa Jombang / Palupi Galih Sesuleh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sesuleh Palupi Galih. 2015. Pengembangan Permainan Bowling Angka dalam Pembelajaran Kognitif Mengenal Konsep Bilangan 1-10 pada Kelompok A di TK Tunas Bangsa Jombang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd M.Pd (2) Drs. Ir. Endro Wahyuno M.Si Kata Kunci Permainan Bowling angka konsep bilangan 1-10 aspek kognitif Media permainan bowling angka merupakan media pembelajaran permainan mengembangkan kemampuan kognitif anak di Taman Kanak-kanak. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan. Kegiatan pembelajaran di TK Tunas Bangsa Kabupaten Jombang mengenai kognitif monoton hanya menerangkan dipapan tulis dan mengerjakan lembar kerja. Sehingga peneliti menganjurkan permainan bowling angka sebagai literature pada pembelajaran kognitif dengan menggunakan berbagai media. Tujuan penelitian adalah Menghasilkan produk permainan bowling angka dalam pembelajaran membilang angka yang menarik dan efektif bagi anak Menghasilkan produk permainan bowling angka yang susunan permainan sesuai karakteristik anak Menghasilkan produk permainan bowling angka yang memenuhi syarat sebuah permainan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah diadaptasi oleh model pengembangan Borg and Gall. Prosedur permainan Bowling Angka dalam pembelajaran kognitif adalah (1) Melakukan penelitian dan pengumpulan data (2) Melakukan perencanaan pengembangan permainan (3) mengembangkan bentuk produk awal permainan dan dievaluasi oleh ahli (4) Melakukan uji coba kelompok kecil dengan 10 subjek (5) Merevisi permainan dengan hasil uji coba kelompok kecil (6) Melakukan uji coba kelompok besar terhadap 30 subjek (7) melakukan revisi produk. Instrument yang digunakan adalah berupa kuisioner berisi tentang rancangan produk dan produk yang telah dibuat. Teknik analisi data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa persentase. Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok besar diperoleh persentase yaitu (1) 100% anak tertarik untuk melakukan permainan bowling angka (2) 91% permainan bwling angka bermakna bagi anak (3) 84% anak merasa ingin tahu terhadap permainan bowling angka (4) 94% anak merasa tertantang terhadap permainan Bowling angka saat melakukan segala aktifitas permainan maka produk ini tanpa adanya revisi lagi sehingga menjadi produk akhir yang dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran yang menarik bagi anak. Diharapkan hasil pengembangan ini dapat diuji cobakan kepada kelompok besar dan dapat disosialisasikan kepada sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan yang terkait sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya. Penelitian lanjutan untuk menguji tingkat kemenarikan kemenantangan keingintahuan dan kebermaknaan dari produk yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8170

Actions (login required)

View Item View Item