Pengembangan permainan teka-teki gambar dalam pembelajaran bahasa Arab mengernalkan nama anggota tubuh du Kelompok B TK Islam terpadu "Mutiara Hati" Malang / Ritna Dyah Wiyatsari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan teka-teki gambar dalam pembelajaran bahasa Arab mengernalkan nama anggota tubuh du Kelompok B TK Islam terpadu "Mutiara Hati" Malang / Ritna Dyah Wiyatsari

Wiyatsari, Ritna Dyah (2015) Pengembangan permainan teka-teki gambar dalam pembelajaran bahasa Arab mengernalkan nama anggota tubuh du Kelompok B TK Islam terpadu "Mutiara Hati" Malang / Ritna Dyah Wiyatsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wiyatsari Ritna Dyah. 2015. Pengembangan Permainan Teka-teki Gambar dalam Pembelajaran Bahasa Arab Mengenalkan Nama Anggota Tubuh di Kelompok B TK Islam Terpadu Mutiara Hati Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Sa dun Akbar M. Pd (II) Dra. Wiwik Dwi Hastuti S. Pd M. Pd Kata Kunci pengembangan permainan teka-teki gambar bahasa Arab anggota tubuh TK Hasil wawancara dan Observasi pada guru kelompok B bahwa (1) kurikulum yang diajarkan anak untuk bisa membaca kata bahasa Arab satu hari satu kata dengan menggunakan buku iqra (2) pembelajaran bahasa Arab mengenalkan nama anggota tubuh menggunakan metode bernyanyi dan penggunaan media kartu. Berdasarkan observasi tersebut maka peneliti ingin mengembangkan permainan yang dapat meningkatkan keaktifan anak dalam belajar. permainan ini sangat dibutuhkan sehingga peneliti ingin mengembangkan permainan dengan tujuan menghasilkan produk yang valid dan efektif Metode untuk menghasilkan produk yang valid dan efektif menggunakan penelitian pengembangan dengan langkah-langkah yaitu 1) melakukan penelitian dan pengumpulan informasi 2) melakukan perancangan produk dan dilanjutkan dengan evaluasi dari ahli 3) mengembangkan produk awal 4) melakukan uji coba kelompok kecil 5) melakukan revisi terhadap produk awal 6) melakukan uji coba lapangan 7) melakukan evaluasi produk. Hasil validasi ahli PAUD yaitu 93 73% ahli bahasa 96 87% ahli permainan 91 67% dan ahli pengguna 96 87%. Hasil uji kelompok kecil aspek kemampuan 93 75% aspek kesenangan 95 83% aspek keamanan 100% dan aspek bahasa 97 92%. Hasil uji coba lapangan aspek kemampuan 92 37% aspek kesenangan 98 61% aspek keamanan 100% dan aspek bahasa . Berdasarkan data yang telah diperoleh dari validasi ahli uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan permainan teka-teki gambar mampu dilakukan anak menyenangkan dan aman dilakukan anak dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab mengenalkan nama anggota tubuh pada TK Kelompok B.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8168

Actions (login required)

View Item View Item