Pengembangan permainan sirkuit hulahop dalam pembelajaran fisik motorik anak Kelompok B di TK Gugus II Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar / Eva Noviana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan sirkuit hulahop dalam pembelajaran fisik motorik anak Kelompok B di TK Gugus II Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar / Eva Noviana

Noviana, Eva (2015) Pengembangan permainan sirkuit hulahop dalam pembelajaran fisik motorik anak Kelompok B di TK Gugus II Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar / Eva Noviana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Noviana Eva. 2015. Pengembangan Permainan Sirkuit Hulahop dalam Pembelajaran Fisik Motorik Anak Kelompok B di TK Gugus II Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Anak usia dini Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Suminah S.Pd. M.Pd (2) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd. M.Pd Kata Kunci permainan sirkuit hulahop fisik motorik AUD 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan masalah yang berkaitan dengan pembelajaran fisik motorik terutama motorik kasar pada anak Kelompok B di TK Gugus II Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar yang secara umum masih kurang bervariasi media yang terbatas serta guru yang jarang sekali menerapkan permainan dalam pembelajaran sehingga anak seringkali merasa bosan. Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis kebutuhan peneliti mengembangkan permainan berupa permainan sirkuit hulahop yang belum pernah diterapkan di TK. Tujuan pengembangan penelitian ini adalah untuk mengembangkan permainan sirkuit hulahop yang mudah untuk dilakukan menyenangkan dan aman bagi anak serta dapat menjadi alternatif pembelajaran fisik motorik yang menarik bagi anak 12288 12288 12288 12288 12288 Dalam mengembangkan permainan sirkuit hulahop peneliti menggunakan jenis penelitian research and development dengan model prosedural dengan langkah langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Langkah pennelitian yang digunakan adalah langkah-langkah menurut Borg Gall antara lain 1) Melakukan penelitian dan pengumpulan informasi 2) Melakukan Perencanaan 3) Mengembangkan draft produk awal yang dievaluasi oleh para ahli 4) Melakukan uji coba kelompok kecil 5) Melakukan revisi produk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa lembar observasi utuk anak serta kuisioner yang diberikan kepada ahli serta responden untuk mengetahui keefektifan produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif berupa saran dan masukan dari para ahli dan responden serta data kuantitatif berupa presentase kelayakan dari ahli responden serta presentase kemudahan kesenangan dan keamanan anak saat bermain sirkuit hulahop. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data pada saat penelitian diperoleh data presentase kelayakan produk dari ahli mencapai 100% presentase kelayakan produk dari responden mencapai 95 5% presentase kemudahan anak saat melakukan permainan 88 1% presentase kesenangan 98 2% dan presentase keamanan 100%. Secara keseluruhan diperoleh hasil presentase antara 76%-100% sehingga permainan ini dikategorikan baik dan dapat dipergunakan sebagai alternatif pembelajatran fisik motorik. Berdasarkan hasil pengembangan ini diharapkan ada peneliti yang melaksanakan penelitian lanjutan untuk melaksanakan ujicoba kelompok yang lebih luas agar produk lebih teruji keefektifannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/8167

Actions (login required)

View Item View Item